Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Smartphone

Hallo semua kembali lagi dengan saya di blog himang.my.id kali ini artikel yang akan dibahas singkatnya Tips Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Smartphone 2022.

Tips Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Smartphone

Smartphone /ponsel /seluler dan nama-nama lainnya sering dikaitkan dengan radiasi yang dipancarkan oleh smartphone. Radiasi Radio Frequency (RF) yang terdapat dalam smartphone menjadi penyebab timbulnya bahaya.

Paparan radiasi RF dalam durasi dan jangka panjang diduga dapat menimbulkan beberapa penyakit. Penyakit yang sering muncul dari dampak radiasi seperti pusing, gangguan tidur, hingga kanker.

Tanpa kamu sadari kamu terkena beberapa penyakit karena terlalu lama terkena radiasi smartphone. Radiasi cahaya layar smartphone juga tidak kalah membahayakan, terutama bagi kesehatan mata.

Menatap layar smartphone dalam durasi yang lama akan membuat mata lelah dan kering. Namun kamu jangan khawatir, karena saya akan memberikan beberapa tips mengurangi dampak radiasi smartphone yang bisa kamu lakukan.

Agar kamu terhindar dari gangguan yang telah saya sebut diatas, "Siapkan payung sebelum hujan" masih masuk untuk penjelasan kali ini. Karena kita mencegah itu terjadi oke.


1. Kecerahan Layar

Tentu ini alasan utama kita bisa terkena radiasi yang menyebakan kita sakit pada mata. Kecerahan layar sangatlah sensitif dengan mata kita, dan untuk mengatisipasinya adalah dengan cara meredupkan kecerahan cahaya layar smartphone kamu saat kamu ada ditempat agak gelap.

Jika kamu ingin menggunakan kecerahan layar mungkin kamu harus ada di luar ruangan yang susah kamu lihat jika terpapar sinar mata hari. Nah disitulah saatnya yang tepat kamu memakai kecerahan layar yang besar.

Karena kalau kamu memakai kecerahan layar yang begitu besar atau terang pada saat posisimu di dalam ruangan itu akan membuat mata kamu mudah sakit bisanya mata kamu menjadi kering dan pada saat itu kamu mengucek-ngucek mata kamu. terrjadilah mata mu memerah.

Mungkin kamu akan tahu apa yang terjadi setelah itu. jadi saran saya gunakan kecerahan layar dengan tempat dan pada posisi di mana kamu berada saat itu.


2. Saat Menelpon

Mungkin kamu belum sadar atau belum penah ngalamin yang namanya radiasi saat menelpon dengan samartphone yang begitu lama di dekat telinga, jika kamu ingin menelpon dengan seseorang untuk waktu yang cukup lama.

Saya sarankan kamu memakai yang namanya headset  apa pun jenisnya intinya handset, mengapa ? Karena jika kamu menelpon terlalu lama atau memakan waktu yang cukup lama maka kamu akan merasakan sesuatu yang panas dekat telinga kamu.

Saat itu terjadi mungkin telingamu gatal terus kamu menggaruknya dan hasilnya pun telinga kamu memerah dan bagaimana gitu.

Nah oleh sebab itu saya sarankan jika untuk  menelpon dengan smartphone dengan waktu yang cukup lama saya saran kan gunakanlah handset.

3. Gunakan mode Pesawat

Mungkin ditelinga mu ide ini cukup aneh yakni menggunakan mode pesawat maksud saya disini jika kamu sudah memakai samartphone kamu entah itu menelpon main game dll.

Jika kamu ingin mengistrahatkan smartphone kamu pakailah mode pesawat jika kamu cukup malas untuk menghidupkan atau mematikan smartphone kamu, jadi enak saat kamu ingin menggunakan handphone kamu bisa dengan cepat, dengan cara mematikan mode pesawatnya dan handphone bisa digunakan.

Seperti yang saya bilang tadi diatas motode ini untuk membuat mesin-mesin smarphone yang tadinya sudah bekerja beitu keras bisa istrahat dengan sejeak tanpa gangguan itu penting jika kamu mau smartphone kamu awet dan menghindari radiasi.


4. Ukur jarak mata dengan Smartphone 

Kamu sudah pasti tahu maskud saya, yak benar sekali untuk menghindari radiasi yang begitu dekat dengan mata dan mencegah resiko sakit mata ataupun penyakit yang menyebabkan mata memerah dan lain-lain.

Selain gelombang radiasi RF, layar smartphone juga menimbulkan radiasi cahaya yang dapat merusak mata. Ukurlah jarak aman untuk mata kamu, sehingga mata kamu tetap sehat dan tidak bermasalah.

5. Jauhkan smartphone saat kamu tidur

Jauhkan smartphone saat kamu tidur? Yah ini juga cukup jelas karena handpne juga bisa loh kontak dengan kamu walapun handphone kamu sudah mati.

Tapi handphone tersebut dekat kamu itu tetap saja kamu terkena radiasi yah walaupun kamu tidak menyadarinya sebenarnya jika kamu bisa merasakannya dengan seksama dan menggunakan perasaan.

Coba kamu expriment kamu rasakan handphone didekat leher badan dan anggota tubuh lainnya. Kamu akan merasakan hangat-hangat yah contoh simplenya seperti penulisan saya diatas.

Saat menelpon nah gitu kamu akan merasakan panas dari smartphone itu walapun sudah kamu matikan. Radiasinya masih ada.

6. Lepaskan Headset

Headset yang dimaksud adalah headset yang tersambung dengan ponsel ternyata juga mengeluarkan radiasi, terutama jenis headset bluetooth.

Karena itu, pengguna ponsel disarankan melepas headset jika tidak digunakan. Karena smartphone kamu masih bekerja maksimal untuk sebauh jaringan untuk menghubungkan handphone dengan bluetooth.


7. Dengar Video atau Musik Offline

Mendengarkan Musik ataupun Video dengan offline ini juga cukup perlu. Jika kamu ingin mengurangi dampak radiasi ponsel, lebih baik mengunduh (download) file yang diinginkan, barulah menonton video atau mendengarkan musik secara offline.

Untuk lebih meminimalisir radiasi ponsel, mode penerbangan (flight mode) bisa diaktifkan sebelum menonton video atau mendengarkan musik offline, karena sinyal sudah tidak dibutuhkan.

8. Jangan gunakan ponsel saat lemah sinyal

Saat sinyal lemah, indikator pada posisi satu bar, radiasi yang ditimbulkan akan lebih besar. Alasannya, sinyal RF yang dikeluarkan oleh ponsel lebih besar ketika sinyal dalam keadaan lemah.

Jika memang tidak dalam kedaan darurat, lebih baik membiarkan ponsel tersimpan atau bahkan matikan ponsel ketika sinyal dalam keadaan lemah.


9. Berkomunikasi lewat teks

Selain lebih murah, berkomunikasi lewat pesan teks disebut lebih aman dibandingkan dengan saat melakukan panggilan secara langsung.

Sebab, radiasi yang dikeluarkan lebih sedikit. Selain itu, posisi ponsel saat mengetik pesan teks berada lebih jauh dari tubuh, sehingga radiasi yang diterima akan lebih kecil.



Kesimpulan :

Kurangi bermain smartphone terlalu lama, ganti dengan kegiatan positif atau atur waktu menggunakan SmartPhone kamu agar terhindar dari gangguan yang tidak ingin terjadi.

Bijaklah menggunakan smartphone ingat SmartPhone = SmartPeople oke.


Yah mungkin sampai di sini dulu artikel saya kali ini semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa baca juga artikel saya yang lainnya.

See You Again

Post a Comment for "Tips Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Smartphone"