Membuat Halaman Daftar Isi di Blogger Template VioMagz

Himang
February 01, 2022
0 Comments
Home
Blogger
Membuat Halaman Daftar Isi di Blogger Template VioMagz
Himang.my.id - Hallo teman-teman kembali lagi dengan saya yakni diblog himang.my.id, kali ini saya akan membahas Cara Membuat Daftar Isi Template VioMagz.

Daftar Isi di Blogger

Ternyata masih banyak nih teman-teman yang belum paham bagaimana cara membuat daftar isi, padahal itu sangat perlu agar visitor tahu apa saja isi blog.

Sitemap atau daftar isi blog dirasa sangat penting untuk memberikan ruang informasi kepada pengunjung agar mengetahui seluruh isi artikel pada blog.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat sitemap atau daftar isi keren otomatis dan fast loading di blogger. Sebenarnya sitemap default dari blogger sudah tersedia, 

Namun terlihat biasa dan tidak menarik. Nah, dengan membuat sitemap blog keren maka akan menajadi perhatian tersendiri dimata pengunjung dan ini akan menjadikan pengunjung betah di blog yang kita kelola.

Yang paling menarik dari sitemap seo ini adalah menampilkan sitemap otomatis sesuai dengan label, jadi menampilkan judul postingan sesuai dengan label yang ada. 

Postingan terbaru akan secara otomatis masuk dalam daftar, jadi anda tidak perlu ribet memasukkan satu persatu. 

Memasang sitemap di blog blogger juga tidak membutuhkan skill untuk menguasai html, karena anda tinggal copas dan memasangnya pada halaman statis.

Sebenarnya juga masih banyak penjelasan tentang membuat sitemap atau daftar isi untuk blogger tapi saya juga, membuat artikel ini agar teman-teman bisa menemukan dan menilai yang mana yang benar, namun untuk refrensi yang mana sitemap atau daftar isi untuk blog teman-teman.

Karena saya juga memakai template VioMagz, saya juga sebenarnya sudah memasang sitemap atau daftar isi tapi versi punya mbak arlina tapi punya mas sugeng juga bagus kok, tapi karena ketertarikan orangkan berbeda-beda makanya saya juga memilih yang lain.

Oke di bawah ini adalah cara memasang widget daftar isi di halaman statis pada template VioMagz versi terbaru (versi 2.6 ke atas). dan bisa juga dengan template teman-teman yang lain dari VioMagz sudah dioptimal kok.

Widget daftar isi ini menggunakan kode JavaScript buatan dari dte.web.id yang sudah Mas Sugeng modifikasi tampilannya supaya pas untuk dipasang di template VioMagz. dan Template lainnya seperti punya teman-teman saat ini.

Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke Blogger > Masuk ke menu “Halaman
  • Klik tombol “Halaman baru” untuk membuat halaman statis baru
  • Selanjutnya ganti mode editor dari “Compose” menjadi “HTML
  • Masukan judul halaman (contoh: “Daftar Isi atau Sitemap“)
  • Masukan kode di bawah ini pada bagian konten:
  • Mohon Maaf Kodenya sudah saya pindahkan keword jadi tinggal download aja scriptnya dibawah ini


  • Ganti yang bertanda merah dengan URL blog milik teman-teman
  • Terkahir klik “Simpan tema
Cukup mudahkan teman-teman.
Sebenarnya tiap penyedia template biasanya sudah menyediakan daftar isi atau sitemap tersendiri buat template tersebut namun karena banyak yang ingin mencari model lain, atau mungkin dia sudah bosan.

Yah cari yang model lain yang lebih menarik perhatian orang banyak yakni Visitorlah

Oke teman-teman mungkin samapai di sini dulu artikel cara membuat halaman daftar isi atau sitemap Diblogger, Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.

See You Again...

Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.