Home
Info Kuliah
Info Umum
Pendidikan
Apa itu plagiarisme dan contohnya

 

Apa itu plagiarisme dan contohnya

Apa itu plagiarisme dan contohnya

Plagiarisme adalah suatu tindakan mengambil ide atau karya orang lain dan menjadikannya sebagai milik sendiri tanpa memberikan atribusi kepada orang yang sebenarnya membuatnya. 

Contohnya adalah seorang mahasiswa yang mengcopy-paste sebuah teks dari internet ke dalam tugas yang diberikan oleh dosen tanpa menyebutkan sumbernya.

Atau seorang penulis yang menggunakan karya orang lain tanpa memberikan credit kepada penulis aslinya. Plagiarisme merupakan pelanggaran terhadap hak cipta dan merupakan tindakan yang tidak etis.

Apa itu plagiarisme dan contohnya

Plagiarisme adalah ketika seseorang mengambil ide atau karya orang lain dan mengklaim sebagai miliknya sendiri. Ini bisa terjadi dalam berbagai bidang, termasuk penulisan, desain, dan bahkan dalam bidang akademis. 

Contohnya, jika seseorang menyalin tulisan dari sebuah buku dan mengklaim sebagai tulisan mereka sendiri untuk mengerjakan sebuah tugas sekolah, itu merupakan bentuk plagiarisme. 

Plagiarisme dapat menjadi masalah serius karena dapat merugikan orang lain dan juga bisa mengakibatkan hukuman bagi pelakunya.


Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.