Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Himang
January 26, 2022
0 Comments
Home
Info Umum
Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?
Hallo teman-teman kembali lagi dengan saya di blog himang.my.id, kali ini saya akan membahas tentang pilihanmu Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?.

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? - Kenapa kita bahas website dan marketplace sama aja kita membandingkan website vs marketplace, sebenarnya teman-teman.

Kita membahas website vs marketplace: pilihan atau sinergi?, yah saya sih saranin pilihanmu apa yang terbaik buat kamu dan apa strategimu, untuk bisnismu kedepan seperti apa.

Oleh sebab itu saya saranin teman-teman baca artikel ini sampai habis yakni yang pertama website vs marketplace.

Menyambut era industri 4.0 serta semakin berkembangnya teknologi yang memberikan kemudahan bertransaksi, mengharuskan kamu untuk segera mengonlinekan bisnis agar tetap dapat bersaing.

Hadirnya Marketplace serta kemudahan dalam membuat website, semakin menambah peluang untuk mengembangkan bisnismu secara online.

Marketplace menawarkan masa yang banyak, namun website menawarkan branding yang menjanjikan. Lalu, manakah yang lebih baik antara Website atau Marketplace?

Sebelum itu kita bahas apa itu Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?


Apa itu Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi??

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Sebenarnya online marketplace memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pasar tradisional.

Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka adalah menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih simpel dan mudah.

Transaksinya sendiri memang diatur oleh marketplacenya. Setelah itu menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli. Salah satu alasan mengapa marketplace terkenal adalah karena kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan.

Marketplace biasanya juga menyediakan potongan harga yakni diskon di hari-hari tertentu walapun dihari-hari tertentu setidaknya dimarketplace banyak penjual jadi mungkin diskon dan potongan harga ataupun gratis ongkir (ongkor kiriman).

Lalu apa saja nama marketplace yang terkenal dan marketplace lokal, yak teman-teman munkin sudah ada yang tahu atau pun ada yang belum padahal teman-teman sudah dengar dan melihat marketplace tersebut sehari-hari

Namun teman-teman tidak menyadari marketplace tersebut apa contoh simplenya aja marketplace adalah sebuh layanan toko yakni berbasis online bisa disebut marketplasce adalah layanan toko online.

Yah lanjut ke topik yang belum terjawab yakni marketplace terkenal maupun yang terkenal dilokal Indonesia.


Marketplace paling terkenal  didunia yakni;

  • Alibaba  Jack Ma? sering dibicarakan akhir-akhir ini. Jack Ma adalah pendiri marketplace terbesar di Cina yang dikenal dengan nama Alibaba. Alibaba memiliki ratusan juta pelanggan dan kamu bisa menemukan jutaaan penjual di marketplace terbesar ini. 80% dari pasar online marketplace di Cina dikuasai oleh Alibaba.
  • Amazon siapa yang tidak tau  Amazon? Jeffrey Preston Bezos adalah pemilik dan pendiri Amazon beliau adalah pengusaha terkaya di dunia saat ini.

    Pertama kali didirikan pada tahun 1995, Amazon menjual berbagai macam barang di websitenya; mulai dari makanan, mainan anak, buku, alat elektronik, dan masih banyak lagi. Padahal di awal, mereka hanya menjual buku. Amazon terus berkembang dan marketplace satu ini sudah beroperasi di 11 negara di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.
  • eBay adalah salah satu marketplace pertama di dunia. Sampai saat ini, ada 167 juta pengguna aktif di 190 pasar di dunia. Yang membedakan eBay dari marketplace lain adalah Anda juga bisa melakukan lelang di situs ini.


Marketplace paling terkenal di Indonesia ;

  1. Shopee Indonesia Shopee adalah salah marketplace penting di Indonesia. dan memiliki layanan marketplace disekuruh Asia.
  2. Tokopedia Tokopedia adalah online marketplace terbesar di Indonesia.
  3. BliBli Blibli adalah pusat belanja online dengan beragam produk dari komputer dan gadget, fashion, kesehatan dan kecantikan, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif.
  4. Bukalapak Kamu juga pasti tidak asing dengan nama Bukalapak. Sebagai salah satu online marketplace ternama di Indonesia dan masih banyak marketplace terkenal lainnya.

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? - Lalu mengapa kita juga membahas website, sebelum itu saya akan memberikan sedikit pengertian dari website itu apa.

Pengertian website adalah kumpulan informasi dalam suatu halaman yang memiliki topik saling terkait. Suatu website pada umumnya terangkum dalam suatu domain yang ditempatkan dalam sebuah server web (hosting) yang dapat diakses melalui alamat internet (URL).

Banyak media yang bisa digunakan pemilik bisnis online untuk berjualan di dunia maya dan website adalah salah satunya. sebenarnya website ini kalau anda pefrgunakan untuk jual beli online sama juga halnya diberinama adalah marketplace.

Tetapi kenapa pilihannya website atau marketplace sebenarnya tergantug pada diri anda sekarang mau bisnis di website atau marketplace. Saran saya sih pilihlah website kenapa?

Karena sebelum menjadi marketplace yang terkenal marketplace terkenal dunia masih menggunakan website atau mempunyai website untuk bisnisnya.

Kegunakaan website sebenarnya untuk meyakinkan pelanggan atau pembelimu jika kamu berbisnis jual beli, karena menurut penelusuran orang sebelum membeli mereka selalu mencari atau mensearch di google dulu.

Tentang kebenaran bisnismu nah disitulah websitemu berkerja memberikan informasi lengkap.

Nah sampai disini kamu sudah tahu jawaban dari website vs marketplace: pilihan atau sinergi? Yakni pilihanmu selalu yang terbaik tapi ingat ikuti saran-saran dari saya di atas.


Dimana membuat website ?

Yang paling pertama jika kamu ingin membuat website kamu harus mencari Paltform website, Setelah itu tahap selanjutnya.

  • Tujuan pembuatan Website
  • Jika kamu butuh saran Platform yang bagus ini dan banyak menyediakan layanan seperti
    Domain murah, Hosting Indonesia, Hosting murah, Hosting unlimited, Email Domain intinya untuk membuat website.
  • Platform diatas bisa juga membuatkan kamu website dengan mudah jika kamu mau tinggal request buat website apa dengan sekejab bisa.
Jika kamu sudah punya website misalnya untuk merketplacemu semoga berhasil seperti marketplace lainnya yang sudah terkenal bagus dan baik.

Jadi Pilihlah Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? jika ingin berbisnis online.

Oke mungkin sampai disini dulu artikel Pilih Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.


See You Again

Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.