Apa Itu Hosting

Himang
February 05, 2022
0 Comments
Home
Blogger
Apa Itu Hosting
Himang.my.id - hallo teman kembali lagi dengan saya di blog himang.my.id kali ini kita akan membahas yakni apa itu hosting.

Apa Itu Hosting

Apa yang dimaksud dengan Hosting?

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall.

Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri.

Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Perusahaan Hosting seperti Ide Bagus menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website.

Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing.


Jadi, Apa Itu Hosting?

Bisa Juga diibaratkan sebuah rumah atau bangunan, hosting itu seperti tanah tempat bangunan itu berdiri. Semakin luas tanahnya, maka akan semakin leluasa pula kita dalam membangun, mau dibentuk seperti apa ya terserah kita.

Sedangkan bangunan rumah tersebut itu bisa diibaratkan seperti website kita. Mau dibentuk miring, lurus, memanjang, atau melebar, ya suka-suka kita.

Namun bedanya jika di dalam bangunan itu kita bisa menempatkan berbagai macam perabot, almari, kasur, kulkas, meja, kursi, dan lain sebagainya, di website kita menempatkan berbagai macam file yang berbentuk teks, gambar, dan file aplikasi.


Lalu Apa Itu Hosting?

Singkatnya bisa juga disebuat suatu tempat yang di kapasitas dengan besar yang sudah ditentukan dan untuk apa hostingnya yah untuk memudahkan kita masuk kedalam suatu tempat dengan ruangan yang besar.

Tapi biasanya memiliki kapasitas terbatas oleh sebab itu kamu harus mengetahui untuk apa hostingmu, untuk pengunjung biasanya dan tidak terlalu banyak atau seperti hosting bisnis biasanya diberikan yang ultimate dan masih banyak kelebihannya.


Bagaimana caranya kita menggunakan hosting?

Cara menggunakan hosting adalah dengan menyewa hosting terlebih dahulu. Cara mendapatkannya juga mudah, cari saja provider atau penyedia hosting yang ada di sekitar kamu yakni indonesia lah. di internet banyak sekali penyedianya.

Nah itu tadi sedikit pengertian saya atau pengenalan terhadap apa itu hosting, semoga bermanfaat buat teman-teman.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Himang.my.id...

See You Again

Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.