Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Itu Domain

Himang.my.id - Hallo teman-teman kembali lagi dengan saya di blog himang.my.id kali ini saya akan membahas apa itu domain.

Apa Itu Domain https://www.himang.my.id
Gambar Extensinya saja dari domain
Mungkin untuk teman-teman pemula pasti bertanya tanya apa sih itu domain. Jawaban dari saya sangat lah singkat yakni Domain adalah alamat url untuk menuju suatu website seseorang.

Teman-teman mungkin tidak tahu selama ini teman-teman padahal sering memakai domain jadi apa itu domain yak, domain itu yang teman tahu dan sering teman-teman kunjungi yakni facebook.com, youtube, instagram, dan masih banyak lainnya.

Ya, nama-nama alamat itu adalah nama domain. Ada pun yang namanya extensi. extensinya ini pun beragam extensi disini yakni adalah yang akhirannya .com, .id , .co.id, .net, dan banyak contoh extensi lainnya.

Nah terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain. 

Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll.

Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional/lokal Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id.


Lalu, Apa Itu Domain?

Masuk menggunakan analogi bangunan dan tanah seperti ketika saya menggambarkan tentang pengertian hosting.

Ibarat sebuah bangunan, tanah tempat bangunan berdiri adalah hosting, sedangkan bangunan adalah website, dan alamat bangunan tersebut adalah domain.

Seringkali orang terbalik-balik dalam memahami istilah ini. Tapi jangan khawatir, kamu tidak sendirian, saya pun begitu dulunya. Nah sekarang jadi tugas saya untuk menyampaikan kepada teman-teman.

Kemudian untuk memilikinya, kamu bisa membelinya di domain provider atau penyedia domain.
banyak kok penyedia domain murah-murah di indonesia jadi jangan ragu untuk membeli tapi ingat haru beli ditempat yang memang sudah dikenal lama, cek saya google penyedia domain terbaik d indonesia.

Satu hal yang perlu diingat, nama domain ini bukan berarti setelah kamu membeli lalu bisa jadi milik kamu seterusnya atau seutuhnya. Tidak.

Kepemilikan nama domain ada masa berlakunya. Minimal 1 tahun. Dan setelah expired, kamu bisa memperpanjang jika masih ingin menggunakannya.

Idealnya, ketika memilih nama domain yang hendak digunakan ada baiknya yang mudah diingat dan diucapkan. Sehingga memudahkan orang lain yang ingin mengunjungi situs kamu.

Coba kamu baca tips memilih nama domain yang baik, di artikel tersebut dijelaskan bagaimana sebaiknya memilih nama domain.

Selanjutnya, jika kamu sudah memiliki alamat domain, pastikan hubungkan dengan server hosting ataupun dengan server penyedia website seperti wordpressd dan blogger.

Supaya domain kamu  bisa diakses dan ip penyedia website biasanya berbeda-beda kamu bisa cari cara ip setiap tempat yang kamu punya sekarang worpress atau blogger

Istilahnya adalah pointing IP.
Maksudnya arahkan alamat IP domain kamu ke IP hosting milik kamu. Setelah itu baru orang lain bisa melihat website kamu di internet seperti browser google dan lainnya.

Mungkin sampai disini saja dulu pengertian atau pengenalan apa itu domain, semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung di himang.my.id

See You Again

Post a Comment for "Apa Itu Domain"