Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Widget Histats Mempengaruhi Performa Blog?

Himang.my.id - Hallo semua selamat datang diblog saya himang.my.id kali ini saya akan membahas tentang Widget Histats Mempengaruhi Performa Blog?

Widget Histats Mempengaruhi Performa Blog?

Kali ini adalah pengalaman pribadi saya, pada bulan september 2019 saya mulai pertama kali mendaftar di histats. 

Saya mendaftar dihistats karena banyak blog yang menggunakannya dan kamu juga bisa melihat siapa saja yang online dalam blog atau website yang kamu kunjungi, tanpa pikir panjang.

Saya pun mendaftar bulan September 2019, setelah saya daftar saya pun memasang scriptnya di widget blog saya scriptnya yakni JavaScript panggilan yakni biasa disebut External JavaScript. 

Saya pun ada berpikir sedikit sebelum saya memasangnya yakni saya berfikirkan inikan script JavaScript External bisanya memberatkan blog atau website.

Karena saya terlalu suka dengan tampilan dan Widget-widget yang diberikan sangatlah berfariasi unik, bagus, dan keren-keren pokoknya.

Dan saya pun memakainya, dan tampilannya menariklah karena kamu bisa melihat orang-orang atau pengunjung yang online dalam blog atau websitemu, dan berapa pengunjung blogmu tanpa kamu harus login dan melihatnya di Dashboard blogger kamu bisa langsung pantau dari blog pengunjung saja.

Namun saya belum sadar bahwa Widget Histats Mempengaruhi Performa Blog saya. karena saya masih tergoda dengan Widget Histats. dan kira-kira 3 mingguan saya memakai Widget Histats.

Dan saya pun merasa ada yang aneh hari-harinya pada blog saya yakni lamban, kadang-kadang 10 menit baru blog saya tampil utuh. tapi saya masih belum berfikir apa-apa tentang Widget Histats, saya lalui hari-hari saya dengan mengecek Broken link.

Saya juga rajin mengecek performa blog saya dengan tools PegeSpeed dari google dan GTmetrix dan lain-lainnya. 

Saya juga bingung waktu itu, karena performa blog saya sangat turun drastis yakni dari 90% turun menjadi 78%, saya pun hari-harinya cek-cek Edit HTML dan mencari script yang tidak diperlukan banyak dalam blog saya namun saya menemukan sedikit saja setelah itu saya hapus, blog saya pun naik.

Tapi Performa Blog saya hanya naik dqari 78% menjadi 84% saya pun menjadi kebingungan kok masih begini yah padahal saya sudah buang semua script yang memberatkan blog saya. 

Saya pun masih belum kepikiran Widget Histatslah yang membuat performa blog saya menurun.


Namun pada suatu hari saya membuka aplikasi facebook dan kebetulan saya berteman dengan facebook mastimon, saya pun iseng-iseng melihat cerita atau story pada waktu dua tahun lalu dan sudah menjadi postingan kenangan, oleh sebab itu mastimon jadikan histori atau cerita facebook yakni screenshot tentang Histatsnya, bahwasanya didalam permasalahannya histats pada intinya menghambat performa blognya.

ScrenShot Strory Mas Timon


Setelah saya mengetahui itu saya pun kepikiran terus kebetulan saya masih sekolah dan saya pun selalu kepikiran apakah benar yang mastimon katakan yah. 

Selepas saya pulang sekolah saya pun bergegeas pulang kerumah, sampai-sampai lupa ganti pakain saya pun langsung menghidupkan komputer saya dan menyalakan modem dengan kartu paket saya.

Dan pada saat saya cek masih lama reload atau loading blog saya saya pun langsung kepikiran apakah saya harus menghapus histats agar performa blog saya meningkat. 

Saya pun mengambil keputusan langsung dengan keputusan saya harus mencopot, melepas, ataupun membuang secript widget histatsnya, agar performa blog saya meningkat.

Tak lama selang kurang lebih 10 menit saya untuk menghapus atau melepaskan script widget Histats,
makan waktu cukup banyak yah. Maklum sayakan pakai moden terus bawaanya komputer yah lama reload atau loadingnya. setelah saya menghapus widget Histats.

Saya menunggu kurang lebih 3 menit untuk menjaga jarak agar blog saya berubah dengan proses sendirinya, padahal sebenarnya bisa mengecek langsung pada saat sudah melepas atau menghapus widget histats tersebut, entah kenapa saya tidak mau mengecek dengan cepat atau terburu-buru waktu itu.

Tapi setelah saya menunggu kurang lebihnya 3 menit sampai diwaktu yang saya tentukan tadi saya pun mengecek lagi blog saya dengan online yakni Tools PageSpeed dari google dan GTmetrix

Hasilnya adalah ternyata benar bahwa widget histatsnya memang memberatkan blog atau menghambat performa blog saya yang tadi saya bilang blog saya performanya 84 naik menjadi 90an%. 

Saya pun menarik nafas dengan lega karena masalah saya hanya masalah kecil yang saya tidak anggap akan menyebabkan masalah pada blog saya.


Perlukah Mengurus Performa Blog?

Ia Perlu dari Penulisan saya diatas  saja sudah cukup jelas bahwa Histats mempengaruhi Loading Blog kamu. Jika loading blog sudah lemot atau lambat maka akan mempengaruhi Visitor atau Pengunjung yang datang. 

Saat loading tidak kunjung terbuka maka dimungkingkan pengunjung akan langsung menutup blog kita. Lamanya pengunjung berada di blog kita akan mempengaruhi peringkat blog secara dunia maupun Lokal Indonesia.

Jika kamu sudah memiliki penghasilan melalui Iklan Google Adsense maka Page Speed blog akan mempengaruhi pendapatan. 

Kecepatan blog akan mempengaruhi iklan yang tampil karena jika loading blog teman-teman lemot, iklan Adsense tidak akan tampil dengan sempurna. 

Masih untung tidak tampil sempurna, jika gara gara loading blog lambat yang mengakibatkan Iklan Adsense tidak tampil maka itu lebih parah lagi.

Dan karena itu mungkin Adsene akan menutup iklannya keblog kita bagaimana yah Tamat, sudah hehehehe, semoga kita semua tidak akan menjadi seperti pernyataan saya yang barusan saya selalu berdoa dan berharap semua selalu dijalannya seperti yang maha kuasa beri.

Buat kamu yang sudah berkerjasama dengan Google Adsense maka mulai sekarang kamu harus memperhatikan kecepatan Blog.

 Dengan kecepatan blog di atas SKOR 90 A (Good) maka itu akan mempengaruhi Peringkat blog kamu.


Yah mungkin sampai disini dulu artikel saya di blog himang.my.id  tentang Widget Histats Mempengaruhi Performa Blog? semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.


See You Again...


Post a Comment for "Widget Histats Mempengaruhi Performa Blog?"