Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PENGENALAN WEB

Himang.my.id - hallo teman-teman kembali lagi ni dengan saya diblog himang.my.id, kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang pengenalan web.

PENGENALAN WEB

Pertama-tama saya akan menjelaskan apa saja awal dari pengenalan web ini.

1. HTML (HyperText Markup Language)

HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

HTML berperan sebagai pembentuk struktur halaman website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang diinginkan.

HTML yang terbaru saat ini 5.2 / 27 Mei 2019

Apa Perbedaan HTML 5 dengan yang lain?

  • Penanganan Error yang Lebih Baik
  • Kemudahan untuk Membuat Aplikasi Web
  • Syntax yang Lebih Sederhana
  • Dukungan untuk Pembuatan Website Responsive
  • Support untuk Konten Video dan Audio
  • Dukungan untuk Grafik Vektor
  • Kompatibel dengan lebih Banyak Browser
  • Penyimpanan Informasi secara Lokal
  • Fokus Otomatis pada Kolom Form
  • Menjalankan JavaScript di Web Browser

2. CSS (Cascading Style Sheets)

CSS adalah bahasa Cascading Style Sheet dan biasanya digunakan untuk mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup, seperti HTML. 

CSS berperan sebagai bentuk desain website dengan mengatur setiap elemen HTML agar terampil menarik pada browser.

CSS yang terbaru saat ini CSS3

Apa Itu Framework Css?

CSS framework adalah kerangka kerja yang fungsinya untuk memudahkan Anda ketika mendesain website atau aplikasi, tepatnya di bagian layout dan tema. Dan berikut beberapa framework yang digunakan css.

  1. Bootstrap
    Bootstrap adalah framework open-source khusus front end yang awalnya dibuat oleh Mark Otto dan Jacob Thornton untuk mempermudah dan mempercepat pengembangan web di front end.

    https://getbootstrap.com

  2. Foundation
    Foundation adalah kerangka kerja front-end responsif gratis dan open-source, menyediakan grid responsif dan komponen HTML dan CSS UI, template, dan cuplikan kode, termasuk tipografi, formulir, tombol, navigasi, dan elemen antarmuka lainnya, serta fungsionalitas opsional yang disediakan oleh ekstensi JavaScript

    https://get.foundation/

  3. Bulma
    Bulma adalah sebuah framework pure CSS yang tidak menggunakan javascript sama sekali di dalamnya. Framework satu ini banyak digunakan oleh mereka yang jarang menggunakan bootstrap. Soalnya bootstrap sendiri memang mengharuskan penggunanya menerapkan javascript

    https://bulma.io/

3. PHP (Hypertext Preprocessor)

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP adalah bagian dari bahasa skrip, seperti JavaScript dan Phyton.

PHP berperan terutama difokuskan pada skrip sisi server. Sehingga Anda bisa melakukan apa pun yang biasanya dilakukan oleh program CGI lain. Seperti mengumpulkan data formulir, membuat konten halaman dinamis, atau mengirim dan menerima cookie.

PHP yang terbaru saat ini versi 8.0.

4. JS (JAVASCRIPT)

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

JavaScript sendiri sebenarnya biasanya dikolaborasikan dengan HTML dan CSS. Di mana HTML digunakan untuk membuat struktur website dan CSS untuk merancang style halaman website. Lalu, JavaScript berperan menambahkan elemen interaktif untuk meningkatkan engagement pengguna. 

5. MVC (Model-View-Controller)

MVC adalah metode dalam membuat aplikasi dengan cara memisahkan kode menjadi tiga bagian, yaitu Model, View, dan Controller. Karena memiliki tiga bagian yang saling berkaitan satu sama lain model view controller ini jadi memiliki banyak keuntungan untuk pengembangan dan pemeliharaan aplikasi.

MVC

  • Model, biasanya berisi fungsi-fungsi pengelolaan basis data.
  • View, bagian yang mengatur tampilan ke pengguna.
  • Controller, bagian yang menjembatani model dan view.

Nah demikian pengenalan web kali ini. Semoga dengan mengetahui sedikit tentang web bisa memberikan solusi bagi teman-teman. untuk mengetahui tentang pengenalan web.


Terima kasih Sudah Berkunjung

Post a Comment for " PENGENALAN WEB"