Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Internet dalam Bidang Kesehatan

Himang.my.id - hallo teman-teman kembali lagi ni dengan saya diblog himang.my.id, kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang  Manfaat internet dalam bidang kesehatan

Manfaat internet dalam Bidang Kesehatan

Manfaat internet dalam bidang kesehatan:

Implementasi dari internet of things dalam ranah biologi Semoga dapat menambah wawasan kita Pada kesempatan kali ini kita sama-sama belajar.

Tetapi sebelum memulai saya punya quotes dari seseorang yang ingin menyampaikan sebuah quotes untuk teman teman sekalian. 

"Kamu tidak akan bisa mengubah banyak hal dengan melawan realitas yang ada, tetapi kamu bisa merubah banyak hal dengan ciptakan model-model yang baru, sehingga model yang lama itu menjadi usang"

Di zaman yang serba modern ini pemanfaatan internet of things sudah diterapkan pada berbagai bidang pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai implementasi atau pemanfaatan internet of thing yang berkaitan dengan manusia yaitu kesehatan.

Pada dasarnya manusia tidak akan bisa lepas dari yang namanya kesehatan, tetapi sebelum itu apakah teman-teman sudah mengetahui apa itu internet of thing?

Jadi internet of things merupakan suatu konsep atau program dimana suatu objek mampu mentransmisikan data tanpa menggunakan bantuan dari komputer ataupun manusia dengan adanya internet of things.

Kita mampu melakukan konektivitas kolektivitas tertentu. Nah dengan adanya kolektivitas tersebut kita dapat melakukan pertukaran data atau berkomunikasi dengan menggunakan infrastruktur jaringan. Contohnya saja menggunakan jaringan internet dan kita juga punya internetnya Indonesia.

Dari berbagai banyaknya implementasi internet of things di dalam bidang kesehatan diantaranya yaitu adanya suatu teknologi atau alat serta adanya aplikasi layanan kesehatan pintar atau bisa juga disebut sebagai Smart healthcare.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas kedua hal itu salah satu implementasi ini of thing pada teknologi adalah adanya sensor.

Sensor yang dapat dipasang pada tubuh manusia pada dasarnya tubuh manusia sendiri dapat memancarkan sinar elektromagnetik yang kemudian dapat dideteksi oleh atom.

Mengapa hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya tubuh manusia tersusun atas sel-sel yang didalamnya berisikan atom-atom sensor yang dipasang pada tubuh manusia dapat memberikan informasi baik secara fisik maupun yang lainnya.


Sensor yang dipasang pada tubuh manusia digunakan untuk menganalisis manusia dengan menggunakan parameter-parameter tertentu.

parameter-parameter tertentu


Parameter-parameter tersebut antara lain ;

1. Suhu tubuh 

Dengan adanya alat atau sensor yang dapat mendeteksi suhu tubuh digunakan untuk mendeteksi suatu jenis penyakit telah menemukan suatu jenis penyakit tertentu dapat diberikan penanganan atau pengobatan sesuai dengan jenis penyakitnya.

Misalnya saja dengan keadaan kita alami beberapa tahun ini dimasa pandemi covid-19, salah satu ciri orang yang terindikasi covid-19 adalah suhu tubuh yang tinggi.

Dengan adanya sensor ini kita dapat menjaga diri kita serta melebihi waspada alat yang dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh melalui kontak langsung antara lain thermocouple ataupun termometer.

2. Tekanan darah

Tekanan darah merupakan tekanan yang terjadi apabila darah dipompa oleh jantung menuju keseluruh tubuh melalui ATM (anggota tubuh manusia).

Tekanan darah dapat dicatat menggunakan dua parameter yang pertama yaitu parameter saat jantung berdetak atau dapat juga disebut sebagai sistolik.

Parameter yang kedua yaitu tak jantung rileks diantara berdenyut atau dapat juga disebut sebagai diastolik adanya sensor atau alat yang dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah sangat berguna untuk pasien.

Apalagi pasien yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi alat yang dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah adalah tensimeter dan sphygmomanometer

3. Glukosa darah

penentuan kandungan glukosa dalam darah sangat diperlukan apalagi untuk pasien yang mengidap diabetes alat yang digunakan untuk mengukur glukosa darah harus memiliki kriteria sebagai berikut alatnya harus cepat tepat dan otomatis.

Dengan adanya alat ini mampu memberikan informasi mengenai perubahan glukosa dalam darah yang kemudian dapat digunakan untuk menentukan pola makan pola aktivitas ataupun pola-pola yang lainnya. 

4. Aktivitas jantung 

Pada dasarnya aktivitas jantung dianggap memiliki dua sistem yang pertama yaitu sistem kelistrikan, pada sistem kelistrikan jantung dianggap dapat menghasilkan kontak impuls.

Yang kedua yaitu sistem mekanik pada sistem ini jantung bisa merespon impuls dengan kontraksi ritmis alat yang dapat digunakan untuk mengukur aktivitas jantung yaitu elektrokardiogram parameter.

5.  Aktivitas otot-otot 

Pada manusia dianggap bekerja layaknya sebuah mesin yang nantinya akan menghasilkan buah tenaga alat yang dapat digunakan untuk mengukur aktivitas otot pada manusia adalah elektromiografi, dengan adanya alat ini kita dapat memperoleh informasi mengenai seberapa banyak kinerja otot pada manusia

Selain sensor pemanfaatan atau implementasi internet of things yang lainnya yaitu adanya aplikasi layanan kesehatan pintar atau biasa disebut juga sebagai Smart Smart healthcare.

Pada Keseluruhan sistem yang ada terdapat fitur-fitur yang dikembangkan secara berurutan adapun fitur-fitur tersebut ; 
  1. Fitur registrasi pasien
    Pada fitur ini pasien melakukan pendaftaran, kemudian pasir mengambil nomor antrean yang kemudian barulah pasien menuju poli kesehatan sesuai dengan keluhan yang dirasakan

  2. Fitur pelayanan pasien
    Pada fitur ini dilakukan rekam medis pada pasien secara elektronik data-data yang terekam pada rekam medis elektronik antara lain riwayat penyakit dari pasien gula darah dari pasien ataupun yang lainnya.

  3. Fitur administrasi
    Pada fitur ini pasti anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan pelayanan yang telah diberikan.

  4. fitur Apotek 
    Pada fitur ini berguna untuk mengelola stok obat dan juga menerima resep yang telah diberikan oleh dokter kepada pasien dengan mengimplementasikan internet of things dalam pelayanan kesehatan dapat memberikan dampak-dampak positif pada kita dapat tersebut antara lain.

Manfaat Smart Healthcare

1. Antrian menjadi lebih teratur 
2. Waktunya lebih singkat sehingga prosesnya menjadi lebih cepat
3. Data-data dari pasien lebih terjamin dan aman

Adanya pemanfaatan internet of things di dalam bidang kesehatan memberikan dampak yang luar biasa, baik untuk pasien ataupun tenaga medis itu tersendiri.

Adanya sensor yang dapat mengukur parameter tubuh tertentu antara lain suhu tubuh, aktivitas jantung, aktivitas otot, dan yang lainnya dapat mempermudah untuk memberikan informasi medis kepada kita.

Yang selanjutnya adanya inovasi aplikasi layanan kesehatan pintar mempermudah kita untuk melakukan pengobatan, teknologi membuat segalanya menjadi lebih cepat dan lebih hemat

Tetapi hal itu tidak sempurna itu mengharuskanmu untuk menjadi fleksibel mungkin begitupun dengan kita kita harus bisa menyesuaikan diri apapun keadaannya "Teruslah maju tetap semangat , Jangan mudah menyerah".

Internet sangat banyak memiliki manfaat untuk kegiatan sehari-hari. antara lain:

 

1. Membantu dokter memonitoring

Dokter yang memiliki pasien rawat jalan dapat memonitoring perkembangan beberapa pasien. 

Dengan adanya teknologi yang berkembang, hal ini memungkinkan dokter untuk melakukan monitoring kondisi kita sebagai pasien secara online. Pasien dengan kondisi yang baru saja pulih dapat tetap dimonitoring secara online oleh dokter atau tenaga medis.


2. Membantu pasien berkonsultasi

Keuntungan teknologi di dalam bidang kesehatan  adalah memudahkan pasien untuk berkonsul kepada dokter. adanya teknologi sangat memudahkan pasien terutama dalam mengakses beberapa informasi dan pelayanan di bidang kesehatan. 

Hanya dengan hanphone ataupun komputer, kini pasien dapat mengakses berbagai macam informasi kesehatan yang ada di internet. Selain itu, ada berbagai macam layanan kesehatan yang hadir secara online dengan internet juga memudahkan kita sebagai pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan. 

Kini kita dapat mengakses informasi, mendapat layanan konsultasi, hingga melakukan penebusan resep obat dari dokter secara online dengan internet. Hal ini tentu sangat menghemat tenaga dan waktu yang kita dimiliki. 

Pasien dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi yang ada internet seperti voice call atau messenger service bisa juga kalau dekat dengan dokter bisa menggunakan seperti WhatsApp. Dengan adanya teknologi internet  pasien bisa menanyakan bila ada gejala penyakit dan melakukan antisipasi awal.


3. Membantu pasien membeli obat-obatan

Dengan adanya manfaat internet kita bisa membeli obat secara online. Selain itu kita sebagai pasien juga bisa mencari obat yang cukup susah  ditemukan diapotek atau membandingkan harga antara penjual obat untuk mendapat harga yang lebih terjangkau.


4. Mempersingkat Waktu Tunggu Pasien

Selain memudahkan pasien untuk mengakses pelayanan kesehatan, teknologi yang ada di bidang kesehatan juga dapat mempersingkat waktu menunggu pasien. 

Biasanya jika kita melakukan pelayanan kesehatan di rumah sakit, kita dapat mengantri cukup lama hingga berjam-jam untuk mendapat pelayanan. 

Namun kali ini dengan adanya teknologi, kita tidak perlu menunggu lama. 
kita bisa dapat dengan mudah membuat janji secara online dengan dokter lalu melakukan konsultasi secara tatap muka di pelayanan kesehatan. bisa juga kita membuat janji untuk melakukan konsultasi secara online dengan dokter.


5. Mempermudah Dokter & Tenaga Medis dalam Menolong Pasien

Dengan manfaat teknologi di bidang kesehatan sebelumnya. Dengan adanya perkembangan teknologi di bidang kesehatan, dokter dan tenaga medis jadi lebih mudah dalam menjangkau pasien. 

Kini hanya dengan koneksi internetnya Indonesia dan ponsel, dokter & tenaga medis  dapat menolong pasien tanpa harus bertatap muka langsung. Dokter juga dapat memiliki banyak waktu dan tempat yang lebih fleksibel untuk membantu pasien.


6. Penyimpanan dan Perawatan Data

Keuntungan teknologi saat ini di bidang kesehatan selanjutnya adalah penyimpanan dan perawatan data menjadi cukup mudah. 

Teknologi bukan hanya untuk semata-mata memudahkan dari sisi pasien dan tenaga medis saja. Akan tetapi ada juga yang bisa membantu sisi penyedia layanan kesehatan untuk kita. 

Dengan adanya teknologi, penyedia layanan menjadi lebih mudah dalam menyimpan data-data penting milik pasien yang berobat seperti rekam medis, atau data penting lainnya. Penyedia layanan kesehatan dapat dengan mudah membuka dan menyimpan data kembali saat dibutuhkan.


7. Menjangkau Pasien darimanapun (lebih Luas)

Teknologi membuat pelayanan kesehatan menjangkau pasien secara  online dengan internet darimanapun lebih luas. Dengan adanya teknologi saat ini pasien dari berbagai daerah dapat mengetahui mengenai keberadaan dan informasi pelayanan kesehatan secara mudah dan praktis.

Hal ini akan meningkatkan angka kunjungan pasien ke pelayanan kesehatan di daerah masing-masing dan membuat pelayanan kesehatan lebih dikenal oleh masyarakat luas bahwasannya kesehatan itu penting dicek dan di konsultasi sekecil apapun itu.


8. Pencegahan Penularan Penyakit

Selain mempermudah pasien dan pelayanan kesehatan, dengan adanya teknologi pasien dapat Pencegahan penularan penyakit. 

Rumah sakit merupakan tempat di rawatnya atau dilakukannya berbagai tindakan untuk orang-orang yang sedang sakit. adanya kemungkinan kuman penyebab penyakit yang bertebaran di beberapa area rumah sakit sangat memungkinkan untuk pasien sehat tertular bermacam-macam penyakit.

Contohnya seperti saat tahun 2020 hingga Kini kita sedang dilanda pandemi COVID-19. Terjadinya penularannya yang sangat cepat pastinya membuat kita menjadi khawatir untuk bepergian ke luar rumah termasuk rumah sakit.

Oleh karena itu dengan adanya teknologi di bidang kesehatan, sangat membantu dalam pencegah penularan penyakit, dan internet  of things adalah suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk menstransfer data lewat jaringan tanpa adanya interaksi dari manusia

Di dalam kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai manfaat akses internet tanpa batas dalam bidang kesehatan. Saat ini, oh bukan tahun 2020 dunia sedang diserang virus Corona.

Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit sebelumnya lebih mudah terpapar virus tersebut oleh karena itu dunia medis memanfaatkan internet untuk sebuah aplikasi kesehatan dalam aplikasi kesehatan kita dapat mengetahui pertolongan pertama. 

Selain itu kita juga tidak perlu keluar rumah, tidak perlu mengantri, bisa diakses dimana saja, 

Aplikasi kesehatan biasanya memfasilitasi kita untuk ;
Memilih Rumah Sakit 
Melihat jadwal dokter 
Mendaftar secara online dan,
Memanggil ambulans Nah

Dengan ini kita sebagai generasi muda dapat memanfaatkan internet of things dengan baik dan mengembangkannya.

Oke kali ini saya akan membagikan salah satu layanan IndiHome yakni IndiHome Smart. Sebelum itu kita masuk ke selogan dari IndiHome sebagai berikut.

Rumah Aman
dalam Satu Genggaman

Pastikan rumah Anda tetap aman di mana pun dan kapan pun Anda berada dengan Smart Camera dan Smart Sensor yang bisa diakses secara Live melalui smartphone.

IndiHome Smart
https://smart.indihome.co.id/smartcam-pro/

IndiHome Smart
https://smart.indihome.co.id/smartcam-pro/

IndiHome Smart
https://smart.indihome.co.id/smartcam-pro/


Apa itu IndiHome Smart

IndiHome Smart merupakan layanan IndiHome yang mengusung teknologi IoT untuk melakukan fungsi monitoring di rumah, toko ataupun gedung. Dengan layanan IndiHome Smart Camera, pelanggan dapat melakukan fungsi-fungsi home automation melalui gadget meskipun berada jauh dari rumah.

Apa itu IndiHome SmartApa itu IndiHome Smart


Mulai berlangganan
IndiHome Smart
hanya Rp 25.000/bulan

Indihome Smart adalah layanan add on IndiHome yang memiliki fungsi home monitoring. Hanya dengan Rp 25.000/bulan, Anda sudah dapat mengakses dan memonitor rumah Anda di mana pun dan kapan pun.


Selanjutnya apa saja keunggulan yang diberikan oleh layanan IndiHome Smart sebagi berikut :

Keunggulan IndiHome Smart


Keunggulan IndiHome Smart

Dengan IndiHome Smart, rumah Anda terjamin aman dalam satu genggaman


Keunggulan IndiHome Smart

Semua aktivitas di rumah Anda dapat diakses melalui IndiHome Smart Apps.
Tersedia di Google Play & Apps Store


Keunggulan IndiHome Smart

24/7 customer support siap melayani jika ada kendala atau gangguan


Berteknologi IoT (Internet of Thing) sehingga dapat melakukan home surveillance dengan cepat dan praktis


Untuk informasi lebih lengkapnya teman-teman bisa mengunjungi website IndiHome Smart => https://smart.indihome.co.id/smartcam-pro/


Oke setelah kita banyak mengenal apa itu IoT dan apa saja manfaat internet di kehidupan sehari-hari kita juga harus mengenal satu pokok penting yang hampir kita lupakan yakni jaringannya jaringan apa yang kita gunakan.

Yapss, bener siapa sih yang belum mengenal jaringan satu ini yang cukup luas dan besar di indonesia yakni dari perusahaan Telkom Indonesia, dan pastinya jaringan Internetnya Indonesia. 

https://indihome.co.id/



Apa itu IndiHome?

Layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. 

Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat.

IndiHome sebagai layanan digital dari Telkom Group turut mendukung terciptanya lingkungan digital lewat teknologi fiber optik yang menawarkan produk layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Fiber (Internet Cepat), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (UseeTV).

Menjadi penyedia layanan telekomunikasi dan bisa disebut jaringan terbesar di indonesia saat ini, IndiHome ingin memberikan kita kemudahan untuk mengaskses internet.

Dengan adanya layanan IndiHome, Internetnya Indonesia yang menghadirkan interner fiber untuk kita mendapatkan internet yang setabil dan pastinya menginginkan dengan kualitas yang terbaik.


Saat ini ada 4 keunggulan yang masih dipegang oleh jaringan IndiHome keunggulan tersebut adalah

Pertama IndiHome memiliki jaringan yang Cepat dengan jaringan fiber optic memiliki tingkat kecepatan yang tinggi yaitu mampu mentransfer data hingga 100 Mbps. Hal ini tentu jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan kabel koaksial atau kabel tembaga.

Kedua IndiHome memiliki jaringan yang Stabil dengan Jaringan fiber optic jauh lebih stabil dibandingkan jaringan kabel koaksial pada saat dilakukan akses internet secara bersamaan.

Ketiga IndiHome memiliki jaringan yang Andal kabel fiber optik yang lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnetik dibandingkan dengan kabel koaksial atau kabel tembaga.

Keempat IndiHome memiliki jaringan yang Canggih dengan teknologi fiber optik yang dimiliki oleh Internet Fiber merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

Bisa dipastikan layanan yang diberikan oleh IndiHome pastinya sudah terjamin dengan kualitas dan koneksi jaringan internetnya yang optimal.


Baiklah dengan semua yang telah saya bagi diatas saya kira cukup singkat dan semoga tersampaikan informasi yang saya bagikan buat kita semua.

Singkatnya lagi dengan adanya internet kita bisa mengakses apa saja tanpa batas, dan dengan informasi yang kita inginkan contoh yang saya telah berikan yakni dalam bidang kesehatan diatas.

Karena saya rasa hadinya internet sangat bermanfaat bagi kita apalagi dengan jaringan yang sangat stabil seperti yang kita inginkan tanpa banyak membuang waktu.

Dengan hadirnya IndiHome yakni yakni layanan dari Telkom Indonesia saya banyak merasakan Manfaatnya Internet dan Internetnya Indonesia ya pastinya IndiHome yang sudah tersedia hingga pelosok negeri kita ini ya. Indonesia.

Buat teman-teman yang masih ingin mengetahui lebih banyak lagi apa saja yang ada dan layanan yang lengkapnya dari IndiHome teman-teman bisa mengunjungi website resminya IndiHome => https://indihome.co.id/



Reff  Artikel:
https://smart.indihome.co.id/smartcam-pro/
https://indihome.co.id/about-indihome

Gambar :
https://www.canva.com/
https://smart.indihome.co.id/smartcam-pro/
https://indihome.co.id/


Terima kasih Sudah Berkunjung

Post a Comment for "Manfaat Internet dalam Bidang Kesehatan"