Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar Agar cepat diterima

Himang
January 17, 2022
0 Comments
Home
Info Umum
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar Agar cepat diterima

Surat Lamaran Kerja yang kita kirimkan ke HRD sebuah perusahaan, kantor, organisasi, toko, restaurant atau café dan lain sebagainya menjadi penentu apakah kita diterima bekerja atau tidak. Surat lamaran kerja mencangkup informasi data si pelamar yang akan diseleksi oleh pihak yang menyediakan lowongan kerja atau loker. Untuk itu, jika ingin cepat diterima kerja, Anda harus tahu cara membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar Agar cepat diterima

Tidak berdasarkan apakah surat lamaran kerja dibuat dengan tulis tangan atau diketik di Microsoft Word, dikirim langsung atau dikirim via elektronik dalam bentuk file Pdf, melalui email dan lain sebagainya. Surat lamaran kerja supaya bisa lolos seleksi dan mudah diterima kerja harus menarik dan kreatif. Mulai dari tata cara penulisan, bahasa yang digunakan sampai isi keseluruhan dari surat lamaran pekerjaan tersebut. 

Lantas bagaimana cara menulis surat lamaran kerja tersebut? langkah langkah cara membuat surat lamaran kerja dan berbagai surat pendukung yang penting lainnya seperti halnya Curriculum Vitae (CV) atau data riwayat hidup memerlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips dan trik dan jangan sampai salah. 

Bagi Anda yang ingin membuat surat lamaran kerja tapi bingung mau mulai darimana, hal hal apa saja yang perlu diperhatikan dan cara membuat surat lamaran kerja yuk simak informasi berikut ini.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar Agar cepat diterima


Menuliskan poin poin penting secara berurutan

Dalam penulisan surat lamaran kerja terdapat poin poin penting yang menunjukkan informasi data Anda yang tidak boleh ketinggalan. Selain itu, poin poin tersebut harus ditulis dengan rapi dan berurutan. Misalnya Anda harus sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang ingin Anda lamar di perusahaan tersebut secara spesifik khususnya apabila perusahaan tersebut membutuhkan banyak karyawan baru dengan beberapa posisi.


Surat lamaran yang baik dan benar wajib memiliki susunan isi yang saling berkesinambungan. Poin yang wajib Anda masukkan dalam surat lamaran kerja adalah sebagai berikut :

  • Tempat dan Tanggal Surat dibuat
  • Nama lengkap Perusahaan atau HRD yang dituju
  • Ucapan Salam
  • Kata Pengantar atau bagian pembuka
  • Biodata pribadi secara jelas dan singkat
  • Keterangan profesi atau pekerjaan yang dilamar
  • Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya dan keahlian apa saja yang dimiliki
  • Penutup


Menggunakan Bahasa yang Baik

Surat lamaran kerja termasuk surat resmi yang harus menggunakan bahasa yang baku atau resmi dengan bahasa yang sopan, baik dan memberikan kesan yang profesional. Dengan kata lain tidak hanya pengalaman atau skill Anda saja yang penting melainkan penggunaan tata bahasa EYD dengan tepat dan kalimat yang tidak diulang ulang. Apabila surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris upayakan untuk menggunakan grammar yang tepat.


Singkat, Padat dan Jelas

Surat lamaran Anda akan menjadi lebih profesional jika dapat ditulis secara singkat, padat namun jelas. Ini berarti jangan gunakan kalimat kalimat atau kata yang rumit bahkan sulit dimengerti. Selain itu, hindari penulisan yang bertele tele, sebaliknya berikan poin poin penting yang bisa menjadi highlight dari surat lamaran kerja Anda.


Jangan hanya copy paste

Salah satu hal penting yang sering disepelekan sebagian orang adalah mencopy paste surat lamaran kerja. Sebagaimana yang kita tahu contoh surat lamaran kerja saat ini sudah banyak sekali diinternet, sehingga memang sangat memudahkan kita untuk membuat surat lamaran kerja. Kita memang bisa menggunakan contoh tersebut, namun jangan sampai lupa untuk mengeditnya kembali.

Jangan lupakan poin poin penting yang perlu Anda isi dan perhatikan seperti halnya tujuan perusahaan, tanggal, atau bahkan keterangan identitas Anda. Kalau salah satu saja Anda lupa, maka bisa mempengaruhi penilaian seleksi kerja Anda.


Melengkapi surat lamaran

Selain dari memperhatikan isi surat lamaran, dalam membuat surat lamaran juga harus memperhatikan data data pendukung apa saja yang dibutuhkan. Umumnya untuk kelengkapan dokumen akan dibutuhkan fotokopi KTP, Fotocopi Kartu Keluarga, Sertifikat, Piagam, Ijazah Pendidikan dan masih banyak lagi. Pastikan kalau Anda melengkapi data yang diminta perusahaan. Surat lamaran yang lengkap akan menjadi nilai plus.


Kualifikasi CV atau Daftar Riwayat Hidup

Kelengkapan surat lamaran kerja yang perlu Anda susun sendiri juga adalah CV atau daftar riwayat hidup. Anda juga harus menghindari kesalahan CV. Dimana CV juga harus memperhatikan beberapa hal seperti sifatnya objektif, menyertakan data diri lengkap seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan memuat keahlian atau kualifikasi Anda dengan baik.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas seputar Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar agar cepat diterima. Terlepas dari apapun profesi pekerjaan yang akan Anda lamar, baik di perusahaan besar maupun kecil, Surat Lamaran Kerja yang Anda berikan harus tetap yang terbaik dan profesional karena dari Surat Lamaran Kerja tersebutlah yang mencerminkan diri Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja sudah banyak di sediakan dimedia informasi, Anda bisa contoh salah satunya, namun ingat untuk tetap memperhatikan hal hal yang sudah kita bahas diatas mulai dari hal hal yang perlu diperhatikan dan cara pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan persiapan yang baik, Anda pasti bisa segera diterima ditempat kerja. Semoga bermanfaat.

Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.