Cara Mengatasi Stres Ketika Menganggur

Himang
January 26, 2022
0 Comments
Home
Kesehatan
Cara Mengatasi Stres Ketika Menganggur

Menganggur dapat menyebabkan stres, hilangnya kepercayaan diri sendiri, mulainya gangguan kecemasan, hingga depresi yang cukup berat.

Cara Mengatasi Stres Ketika Menganggur

Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, berkomunikasi dengan teman kita, hingga melakukan kegiatan yang menyenangkan.
 
Bekerja merupakan salah satu cara manusia bertahan hidup. Tanpa bekerja, kebutuhan sehari-hari tidak akan dapat terpenuhi. Kondisi tersebut kemudian bisa membuat orang-orang yang menganggur mengalami masalah keuangan dan ekonomi.

Jika pekerjaan anda tidak kunjung didapatkan, tidak hanya masalah keuangan, Anda menganggur juga akan berdampak buruk bagi kesehatan mental anda oleh sebab itu banyak dari beberapa orang menjadi stres. Orang yang tidak bekerja, terlebih dalam waktu yang cukup lama, berpotensi mengalami stres hingga krisis kepercayaan diri sendiri karena menjadi pengangguran.

Dampak menganggur yang perlu diwaspadai

Menganggur dapat memberikan banyak pengaruh buruk pada berbagai aspek kehidupan, mulai dari masalah keuangan, kesehatan, serta hubungan dengan teman kita. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi saat Anda tidak bekerja, meliputi:

  • Suasana hati menjadi tidak stabil
  • Masalah keuangan karena tidak ada pemasukan
  • Perasaan frustasi dan stres yang berkepanjangan
  • Gangguan kecemasan karena khawatir dengan masa yang akan datang
  • Penurunan kondisi fisik karena stres tidak kunjung mendapat pekerjaan baru
  • Terganggunya hubungan dengan teman kita, misal pasangan karena tidak mempunyai pemasukan

Apabila dampak yang dirasakan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, segeralah Anda berkonsultasi dengan dokter kesehatan. Penanganan yang dilakukan sedini mungkin mencegah kondisi Anda bertambah parah dan menjadi stres.

Stres akibat Anda menganggur dapat menyebabkan munculnya perasaan frustasi, marah, cemas, dan depresi. Apabila tidak ditangani sedini mungkin, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikologis Anda. Ada beberapa cara mengatasi stres saat menganggur, Berikut contohnya:

  1. Membuat Perencanaan
    Pada malam hari sebelum tidur, luangkan waktu untuk membuat rencana aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan besok hari. Cara ini efektif membantu mengurangi stres dan kecemasan yang seringkali muncul ketika Anda hendak tidur. Sempatkan juga untuk mengirim lamaran kerja guna memperbesar peluang Anda mendapatkan pekerjaan dengan segera mungkin.
     
  2. Rajin Berolahraga
    Rajin berolahraga merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi stres akibat tidak bekerja. Selain itu, Kegiatan ini juga dapat membantu memperbaiki suasana hati yang depresi, beristirahat dengan mudah, dan menjaga stamina selama tidak bekerja. Cari teman juga agar bersama-sama olahraga.
     
  3. Lakukan Kegitan Hari-Hari Menyenangkan
    Stres akibat menganggur bisa diatasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan. Jika teman-teman tidak memiliki cukup tabungan, cobalah mencari kegiatan yang menyenangkan, tetapi tak perlu mengeluarkan banyak uang. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti berjalan-jalan bersama orang tersayang atau teman, pergi ke taman, hingga bermain bersama hewan peliharaan. Jangan mengalihkan stres ke kegiatan seperti mabuk-mabukan dan yang akan merugikan diri sendiri. Minuman yang beralkohol mungkin dapat membantu menenangkan pikiran Anda, namun sifatnya hanyalah sesaat dan hal tersebut membuat anda lebih cepat stres kembali. Selain itu, konsumsi miras juga memberi pengaruh buruk untuk kesehatan Anda secara keseluruhan jadi buatlah kegiatan anda sepositif mungkin.
     
  4. Berkomunikasi Dengan Teman
    Salah satu cara mengatasi stres akibat tidak kerja adalah menjaga komunikasi dengan teman kita. Jika Anda memilih mengasingkan diri dari teman maupun orang lain, apa yang Anda rasakan tentu akan semakin berat, dan berisiko mengakibatkan depresi yang berat. Dengan berkomunikasi dengan teman kita, Anda bisa mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat. Tidak hanya secara moral, dukungan yang diberikan juga bisa berupa informasi terkait lowongan kerja yang baru dan manfaat lainnya.
     
  5. Berkonsultasi dengan ahli kesehatan
    Jika stres yang Anda rasakan berujung pada gejala depresi atau gangguan kecemasan, segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Biasanya Terapi, konsumsi obat vitamin contohnya, maupun kombinasi antara keduanya mungkin akan diberikan untuk membantu meredakan gejala anda saat itu.

Menganggur dapat berdampak buruk terhadap beberapa aspek kehidupan yakni kesehatan kita. Saat kamu tidak bekerja, kamu berisiko mengalami stres dan depresi, krisis kepercayaan diri, mengalami gangguan kecemasan, hingga depresi berat. Cara mengatasi stres akibat tidak kerja bisa dilakukan dengan rutin berolahraga, berkomunikasi dengan teman kita, hingga melakukan kegiatan yang menyenangkan. Apabila kondisi Anda tidak kunjung membaik, segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan yang ada dekat anda.



Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.