Pengertian Google Drive dan Fungsi Google Drive

Himang
February 07, 2022
0 Comments
Home
Blogger
Pengertian Google Drive dan Fungsi Google Drive
Himang.my.id - Google drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar tergantung pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri.

gambar Pengertian Google Drive dan Fungsi Google Drive
Google Drive

Kapasitas yang tersedia dalam google drive yang bisa diakses secara gratis adalah 15 GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar. Tidak hanya dapat menyimpan file.

Google Drive juga terhubung dengan fitur google lainnya seperti gmail, google search dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan lebih memudahkan user atau pengguna untuk mengakses file dan data yang dimiliki.

Layanan google drive sudah ada sejak tanggal 24 April 2012 dan semakin berkembang hingga saat ini serta memungkinkan pengguna untuk mengetik data, membuat slide presentasi, mengedit gambar dan lain sebagainya.

Google drive yang digunakan saat ini adalah ganti dari fitur terdahulu yakni google docs, oleh sebab itu URL yang tadinya digunakan untuk mengakses google docs akan dialihkan secara langsung pada menu atau fitur google drive.

Agar kamu tahu apa saja fungsi yang dimiliki Google Drive, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini. Beberapa fungsi dari Google Drive yang harus kamu tahu antara lain:


Fungsi Google Drive

Google drive yang saat ini banyak digunakan, memiliki banyak fungsi yang bisa membantu seseorang saat menyimpan data dan melakukan aktifitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi google drive yang bisa diketahui:

1. Menyimpan Data

Menyimpan file atau dokumen, merupakan fungsi utama yang paling menonjol dari Google Drive. Kamu bisa menyimpan file dalam bentuk apa saja, seperti foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video, dan lain sebagainya.

Pengguna juga bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.

2. Membuat dan Mengedit Dokumen

Selain digunakan untuk menyimpan data, Google Drive juga memungkinkan kamu sebagai user untuk membuat lembar kerja baru. Kamu juga bisa mengedit dokumen yang telah tersimpan di Google Drive. 

Kamu tetap bisa mengedit dokumen tersebut meskipun sebelumnya dokumen itu kamu buat dengan menggunakan aplikasi lainnya.

Bagi kamu yang berniat untuk membuat dokumen presentasi, kamu juga bisa membuatnya di Google Drive. Ini karena Google Drive juga punya menu untuk membuat slide presentasi yang bisa kamu akses kapan saja. Dan dapat diedit bersamaan tetapi harus online.

3. Mengakses Fitur Google Lainnya

Google Drive juga menyediakan link atau tautan yang memungkinkan kamu untuk mengakses fitur Google lainnya. Jadi kamu bisa mengakses berbagai layanan Google yang lain seperti Gmail, Google Browser, dan aplikasi Google lainnya melalui Google Drive ini.

4. Mengakses Filemu Di mana Saja

File atau dokumen yang kamu simpan di Googe Drive bisa kamu akses menggunakan berbagai perangkat seperti telepon pintar, tablet, ataupun komputer. Jadi, di mana pun dan ke mana pun kamu pergi, kamu tetap bisa dengan bebas mengakses file-file tersebut.

Tentu saja aktivitas tadi dapat kamu lakukan jika kamu telah terhubung dengan koneksi internet. Bahkan dengan hadirnya Google Drive, kamu tidak perlu lagi repot untuk menyimpan data dalam USB ketika akan menggunakannya untuk keperluan presentasi ataupun keperluan lainnya.

5. Berbagi File dan Folder yang Kamu Miliki

Fungsi dari Google Drive yang lainnya ialah kamu bisa berbagi file atau dokumen yang kamu miliki. Melalui Gogle Drive, kamu bisa dengan cepat mengundang orang lain untuk melihat, mengunduh, serta berkolaborasi pada semua dokumen yang kamu simpan di Google Drive.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas tadi dengan bebas dan mudah tanpa harus kamu buat sebagai lampiran melalui email. Jadi serba praktis bukan jika memanfaatkan Google Drive?

6. Sinkronisasi Data dari Google Drive ke Komputer

Fungsi Google Drive yang satu ini serupa dengan fungsi Dropbox, yaitu sinkronisasi data dari komputermu. Lewat fungsi ini, kamu bida membuat dan berbagi dokumen di Google Drive yang tadinya kamu simpan dalam komputermu.


Manfaat Menggunakan Google Drive

Google Drive memang memiliki banyak fungsi yang bisa kamu manfaatkan dengan maksimal. Layanan Google Drive ini sangat cocok digunakan terutama bagi kamu yang memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh layanan Google Drive diantaranya:

1. Google Drive Memberikan Kesempatan untuk Mengirim File

Kamu bisa mengirim file dengan ukuran yang cukup besar langsung dengan menggunakan Google Drive. Jadi kamu tidak perlu mengakses ataupun membuka Gmail lebih dulu. 

Kamu juga bisa berbagi foto, video, dan dokumen lainnya dengan orang lain yang tersimpan dalam kontakmu.

2. Akses Data Di mana Saja dan Kapan Saja

Data yang telah tersimpan di Google Drive bisa secara bebas dan leluasa kamu akses di manapun dan kapanpun kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan komputer atau perangkat lainnya dengan leluasa karena aplikasi ini telah tersedia dalam web.

3. Bisa Diakses Melalui Ponselmu

Google Drive tidak hanya tersedia pada web browser atau komputer saja, tetapi kamu juga dimudahkan karena bisa membuka dan mengaksesnya secara langsung melalui androidmu. Ini akan sangat membantumu untuk tetap bekerja meskipun sedang dalam perjalanan.

4. Google Drive Tersinkronisasi dengan Web Browser

Sehingga Pengguna Bisa Melakukan Pencarian karena telah tersinkronisasi dengan web broswer, kamu juga bisa melakukan pencarian dengan fitur Google Drive. Mode ini memudahkan pengguna terutama untuk tindakan pencarian (browsing).


5. Berbagai Macam Format File Dapat Diakses dengan Google Drive

Berbagai format file yang kamu miliki tetap bisa kamu akses dengan Google Drive. Termasuk diantaranya ialah file dengan format adobe photoshop psd, adobe ilustrator ai, dan tipe file yang lainnya.


Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, Google Drive juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada banyak sekali Kelebihan dari Google Drive yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  • Kamu bisa memanfaatkan Hard Google untuk menyimpan berbagai file dalam satu tempat. Dengan begini kamu bisa mengorganisasikan banyak data dalam satu tempat dan lebih rapi.
  • Bisa mengunggah atau mengunduh file ke Hard Google langsung dari perangkatmu
  • Membuat file folder yang tersedia secara offline, sehingga kamu bisa mengaksesnya bahkan jika kamu sedang tidak tersambung pada internet
  • Membuat dan mengedit dokumen Google dengan format file “rich text” dan melakukan perubahan pada Spreadsheet secara cepat
  • Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Doc. Selain itu juga Google Drive terintegrai dengan aplikasi online lainnya seperti Pixir Image Editor, Slide Rocket, AutoCad WS, Floor Planner, dan lainnya.
  • Melalui fitur sharing dan aplikasi client, kamu bisa berbagi dan bekerja sama dengan teman
  • Dan satu lagi kelebihan google yang tak bisa dianggap sebelah mana, bisa jadi tempat untuk backup data secara online.

Sementara itu, selain kelebihan yang jumlahnya banyak, Google Drive juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut adalah:
  • Keamanan Privasi dan Data. Google menjadi pemegang otoritas terhadap file-file yang disimpan di Google Drive. Jadi jika ada orang lain yang menginputkan kata kunci yang cocok dengan filemu, maka filemu bisa dilihat oleh orang tersebut.
  • Ketergantungan pada Jaringan Internet. Keberadaan Google Drive juga bisa menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan dengan internet. Nah apapun jenis ketergantungan, itu tidak baik. Kecuali ketergantungan pada Yang Maha Kuasa.


Kini kamu sudah memahami bahwa ada tanah gratis yang dibagikan oleh Google dengan segala fasilitas di dalamnya bernama Google Drive. 

Terserah kamu apakah akan memanfaatkanya atau tidak. Yang perlu kamu pahami, memiliki akun Google Drive ada banyak sekali manfaatnya.

Kita Juga harusnya benar-benar terima kasih kepada tim Google yang sudah mempermudah kita dalam browsing internet dan lainnya.
Thank's Google...

See You Again...


Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.