9 Cara jitu Membuat baterai hp lebih awet

Himang
March 14, 2022
0 Comments
Home
Info Hp
9 Cara jitu Membuat baterai hp lebih awet

Himang.my.id - hallo teman-teman kembali lagi ni dengan saya diblog himang.my.id, kali ini saya ingin berbagi sedikit Cara jitu Membuat baterai hp lebih awet.

Cara jitu Membuat baterai hp lebih awet

Melihat mobilitas penggunaan HP yang semakin meningkat, sebaiknya teman-teman mengetahui cara agar baterai HP awet dan tahan lama. 

Sebab, saat ini tak sedikit orang yang sering mengeluhkan baterai HP-nya boros atau mudah habis. 

Hal ini tentu saja disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan HP yang kurang tepat, usia HP yang sudah lama, hingga pengaruh sistemnya. 

Apalagi saat ini banyak smartphone yang mampu menyimpan beragam aplikasi dengan kapasitas cukup besar. Aplikasi-aplikasi inilah yang dapat memengaruhi penggunaan baterai harian.

Oleh karena itu, teman-teman perlu mengetahui cara agar baterai HP awet. Yuk, simak tipsnya di bawah ini. 


1. Hindari menggunakan HP saat sedang mengisi daya (charge)

Menggunakan HP saat sedang mengisi daya dapat meningkatkan temperatur pada baterai. Temperatur berpengaruh terhadap daya hidup baterai.

Sehingga apabila temperatur tinggi maka akan meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat. 

Maka dari itu, cara agar baterai HP awet salah satunya dengan menahan diri untuk tidak memainkan HP saat sedang mengisi daya. 

Selain itu, temperatur HP juga bisa naik ketika teman-teman menaruh HP di bawah bantal atau material isolator lain saat sedang mengisi daya.

Meletakkan HP di dasbor mobil saat panas, serta meletakkan HP yang sedang diisi daya di atas mesin atau alat elektronik lainnya. 


2. Menjaga siklus pengisian daya 

Banyak yang beranggapan bahwa baterai HP cepat boros karena mengisi daya baterai semalaman. Padahal, hal tersebut kemungkinan sudah tidak berlaku untuk sebagian besar smartphone.

Karena saat ini smartphone sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh.

Sebagai gantinya, teman-teman bisa melakukan cara agar baterai HP awet dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur. 

Maksudnya, teman bisa mengisi daya HP saat baterainya sudah 40% dan cabut kabel charger ketika baterai sudah terisi sekitar 80%. 

Selain sebagai cara agar baterai HP awet, cara ini juga untuk menjaga siklus baterai HP agar tidak merusak sistem di dalamnya. 


3. Gunakan low power mode atau battery saving mode 

Saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan fitur low power mode atau battery saving mode yang berguna sebagai salah satu cara agar baterai HP awet dan tahan lama. 

Fitur ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background HP. 

Biasanya fitur tersebut perlu diaktifkan secara manual sehingga teman-teman perlu memastikannya sendiri melalui pengaturan pada masing-masing HP. 


4. Atur kecerahan layar HP

Cara agar baterai HP awet yang selanjutnya yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan layar HP ke yang paling rendah. 

Sebab, visual yang muncul pada layar akan memengaruhi daya baterainya. Agar semakin hemat baterai, teman-teman juga bisa mengatur time sleep ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misalnya 1 menit. 


5. Aktifkan mode pesawat jika tidak digunakan

Mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode juga efektif sebagai salah satu cara agar baterai HP awet lho. 

Saat menggunakan jaringan WiFi, teman-teman bisa aktifkan mode pesawat atau airplane mode, terutama saat tidak membutuhkan fasilitas dari sim card, seperti SMS atau telepon menggunakan pulsa. 


6. Jangan biarkan HP overheat 

Cara agar baterai HP awet yang lainnya yaitu hindari membiarkan HP teman-teman dalam keadaan yang terlalu panas alias overheat. 

HP akan overheat jika digunakan secara terus menerus, apalagi jika dibuat untuk bermain game dengan grafis HD yang cukup tinggi. Supaya tidak overheat, cobalah gunakan HP dengan bijak. 


7. Lebih bijak menggunakan aplikasi lokasi

Tahukah teman-teman ternyata penggunaan aplikasi lokasi secara terus menerus berpotensi membuat baterai HP cepat habis, sehingga teman-teman jadi sering mengisi ulang daya baterainya. 

Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama, maka baterai HP pun akan lebih boros. 

Untuk itu, cara agar baterai HP awet yaitu dengan lebih bijak menggunakan aplikasi lokasi. Sebaiknya teman-teman matikan fitur lokasi saat tidak menggunakannya.


8. Gunakan wallpaper statis 

Cara agar baterai HP awet yang tak kalah penting yaitu menggunakan wallpaper yang statis. Artinya, wallpaper yang visualnya tidak bergerak seperti live atau video. 

Penggunaan live wallpaper di smartphone memang membuat tampilan layar semakin keren, tetapi juga membuat baterai cepat habis. 

Maka dari itu, mulai sekarang yuk teman-teman ubah wallpaper-nya menjadi yang statis. 


9. Matikan notifikasi yang kurang penting 

Mematikan notifikasi yang kurang penting juga menjadi salah satu cara agar baterai HP awet yang bisa teman-teman lakukan. 

Dengan mematikan notifikasi, kemungkinan teman-teman lebih jarang melihat smartphone. Sebab, jika semua notifikasi muncul dan berbunyi, teman-teman pasti ketagihan untuk membuka smartphone tersebut.

teman-teman bisa menyalakan notifikasi yang dianggap penting saja, sementara notifikasi lainnya lebih baik dimatikan. 

Dengan begitu, cara agar baterai HP awet ini bisa membantu teman-teman untuk mengurangi penggunaan baterai supaya tidak boros. 

Nah, itulah beberapa cara agar baterai HP awet yang bisa teman-teman lakukan sebagai langkah pencegahan. 

Melihat beragam cara agar baterai HP awet di atas memang tampak mudah, tetapi pada pada kenyataannya terkadang cukup sulit untuk melakukan tips tersebut. 

Apabila teman-teman sudah melakukan berbagai cara agar baterai HP awet tetapi tetap saja baterainya boros.

Mungkin teman-teman bisa mendatangi service center dari merek HP yang teman-teman miliki untuk mengganti atau memperbaiki baterainya. 

Jika teman-teman sudah lelah melihat baterai HP yang boros dan sulit untuk diperbaiki, mungkin sudah saatnya teman-teman mengganti HP lama dengan HP baru yang memiliki spesifikasi dan kualitas baterai yang lebih baik.


Terima kasih Sudah Berkunjung

Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.