Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ingin Belajar Bermanfaat Bagi Orang Lain

Himang.my.id - hallo teman-teman kembali lagi ni dengan saya diblog himang.my.id, kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang Ingin Belajar Bermanfaat Bagi Orang Lain

Ingin Belajar Bermanfaat Bagi Orang Lain

Sebelum kita masuk dalam artikel kali ini saya akan memberikan sedikit apa sih itu bermanfat bagi orang lain. Memberikan manfaat kepada orang lain pastinya adalah usaha agar hati kita bisa melihat orang bahagia. 

Jujur saya juga sangat merasakan manfaatnya saat orang lain saling membantu dalam hal apapun itu walaupun kita tidak saling kenal membagikan sesuatu untuk orang lain.

Walaupun itu bukan uang tapi bermanfaat bagi mereka apakah itu, tidak bisa kita pungkiri uang bisa melebih segala-galanya dalam hal finansial.

Namun karena disini kita akan belajar cara bermanfaat bagi orang lain apa saja salah satu contohnya nah disini yakni memberi Zakat kepada orang yang tidak mampu.

Apa saja sih orang yang tidak mampu yang saya maksud seperti orang yang terlantar dijalanan orang-orang yang kelaparan, haus dan orang-orang yang kita lihat lelah saat bekerja seharian. 

Seperti orang-orang yang membuang atau membersihkan sampah kita dan menyapu di jalanan, yang sekiranya kita bisa membantu memberi makanan dan minuman itu sebenarnya sudah cukup bermanfaat buat mereka.

Jadi dari sedikit kalimat saya diatas teman-teman sudah paham kan bagaimana agar bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Jika belum terlalu paham saya masih banyak nih cerita yang pastinya membuat kita sama-sama belajar cara bermanfaat bagi orang lain.


Kenapa kita harus bermanfaat bagi orang lain?

Menjadi bermanfaat bagi orang membuat hidup kita memiliki arti yang penuh dan memiliki tujuan.
Seperti menjadi para relawan maupun memberi sedekah kepada mereka yang membutuhkan saat ini. 

Membuat teman-teman menjadi pribadi yang rendah hati, akan tetapi bukan rendah diri. Ini semua pastinya membuat kehidupan yang selama ini teman-teman jalani memiliki banyak arti dan manfaat untuk orang lain dan yang pasti orang terdekat juga.


Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan

Untuk bisa bermanfaat bagi orang lain, kita harus lebih banyak berbagi.

Pengalaman dan pengetahuan teman-teman tentang sesuatu hal yang mungkin lebih baik dibanding orang lain, akan menjadi manfaat bagi orang lain ketika kita bagikan.

Percaya tidak percaya, semakin banyak kita membagi ilmu, akan ada banyak ilmu lain yang kita raih kedepannya.

Ada banyak cara untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan teman-teman. Bisa dengan menjadi semacam pembicara dalam sebuah seminar dan webinar.

Bisa juga dengan menuliskan pengalaman dan pengetahuan teman-teman dalam bentuk jurnal atau blog yang kemudian bisa diakses masyarakat melalui internet ataupun cetakan.


Menjadi Relawan

Ketika  daerah sekitar teman-teman ada yang mengalami bencana, segeralah pergi untuk menjadi relawan. Karena banyak orang yang menjadi korban bencana pasti sangat membutuh bantuan. 

Tidak hanya butuh bantuan materi tapi juga tenaga yang banyak agar semua masalah bisa terselesaikan dengan cepat dan tidak berat.

Berat dalam artian yang dipikul seorang tapi ketika kita sama-sama mengangkat hal berat tersebut bisa menjadi ringan.

Menjadi seorang relawan merupakan sebuah perbuatan yang sangat bermanfaat bagi orang lain. teman-teman bisa membantu membereskan lokasi yang terkena bencana jika memang sesuai dengan keahlian teman-teman.

Buat teman-teman yang punya ilmu psikologi terapan misalnya, bisa menjadi konseling agar para korban bencana tidak larut dalam trauma yang mendalam.

Ingat ya, tidaklah mudah menjadi seorang relawan. kita harus siap meninggalkan rutinitas kita dikarenakan. Kita sebagai relawan harus siap siaga dalam hal apapun.

Bahkan mungkin meninggalkan sementara sumber pendapatan teman-teman. Tapi teman-teman akan memperoleh “pendapatan” lain yang nilainya bisa lebih besar dari hal-hal duniawi.


Merawat Lingkungan Sekitar

Sebagai bagian dari warga di tempat tinggal teman masing-masing, sudah seharusnya kita ikut serta dalam menjaga dan merawat lingkungan.

Mulailah dari yang sangat sederhana seperti rutin membersihkan halaman atau pekarangan rumah sendiri. Jangan sampai rumah yang teman-teman tinggali terlihat kumuh dan tidak terawat sama sekali.

Kemudian, jangan pernah mangkir dari kegiatan kerja bakti saat diadakan dilingkungan teman-teman. segera datangl saat ada undangan kerja bakti di lingkungan tempat tinggal teman-teman.

Dengan demikian, kita sudah belajar melakukan tahapan yang benar untuk memberi manfaat bagi orang lain.

Selain itu, dengan rajinnya kita ikut kerja bakti teman-teman akan semakin mengenal para tetangga. Sehingga unsur kebersamaan dari sebuah lingkungan tempat tinggal akan semakin kuat dan harmonis.

Ingat, tetangga akan menjadi pihak pertama yang memberi pertolongan kepada kita ketika membutuhkannya.


Mempunyai Niat / Komitmen

Segalanya diawali dari niat / komitmen. Termasuk untuk melakukan hal yang pastinya akan bermanfaat bagi orang lain. Tanpa niat yang kuat keinginan teman-teman  hanya akan tetap menjadi angan-angan.

Ketika niat sudah kuat terucap, maka akan muncul kemauan yang pastinya besar. Kemauan itu biasanya dibarengi dengan tekad yang kuat untuk bisa memberi manfaat kepada orang lain .

Saat teman-teman tidak punya harta tapi punya ilmu? Itu bukan  masalah, ilmu yang teman-teman kuasai bisa dibagi kepada orang-orang yang membutuhkan.

Bagaimana jika teman-teman  hanya punya tenaga? wah itu juga bukan masalah besar, selama tenaga kita bisa digunakan untuk memberi manfaat bagi orang lain kenapa tidak.

Semuanya bisa dilakukan ketika kita sudah punya niat yang kuat dan ikhlas. coba deh teman teman 30 Hari Jadi Manfaat.

Pasti teman-teman mendapatkan dampak yang positif dari yang teman-teman lakukan.


Menjadi Pedagang

Menjadi pedagang kenapa saya masukan pedagang karena pedagang juga sangat sangat di butuhkan dan bisa menjadi manfaat bagi banyak orang.

Terutama ketika kita menjadi pedagang yang jujur, jangan terlalu mengambil untung lah dalam hal bedagang karena banyak orang yang membutuhkan bantuan kita.

Saya punya cerita nyata saya saat masih kecil semoga juga bisa menjadi pelajaran buat teman-teman sekalian. Dulu saat saya kecil saya adalah seorang nelayan bersama kakek saya.

Saya sering mendapatkan ikan dalam jumlah banyak, dan saya pun menjualnya dikampung saya tetapi saat hendak menjual ikan kita.

Pastinya menimbang ikan tersebut menjadi perkilo kan? Nah dari situ saya di berikan pelajaran yang sangat bermanfaat dari orang yang saya anggap istimewa saat itu.

Karena saat saya menimbang ikannya 1kg/2kg beliau selalu bilang kepada saya hei himang, jadilah pedagang yang murah hati dan bermanaaf bagi orang.

Walaupun mereka tidak tau tapi lakukanlah ini yang saya katakan, yakni saat kamu menimbang pastikan timbangan ikan yang kamu berikan harus lebih dari 1kg menjadi 1 kg setengah.

Dikarenakan ikan itu saat orang masak pasti sisik ikan, sirip ikan, isi perut ikan pasti di buang nah itu pasti jadinya tidak sekilo lagi.

Agar orang puas dengan kita berbaik hatilah kamu memberikan lebih jangan memperhitungkannya dalam hal rugi tapi berikan manfaatmu bagi orang dengan hasil yang telah kamu dapat dari alam selama ini. 

Dan saat kamu berikan lebih pasti orang tidak jera membeli kepada kita. Teman-teman tau hal yang terjadi selama itu. saat saya kecil saya berjualan hasil tangkapan kami saat kekampung.

Pastinya selalu ludes habis oleh orang bahkan saat sehabis jualan mereka susah memberi pesan kalau pergi nelayan lagi jangan lupa hasil tangkapannya bawa sini saja. Pasti kami beli.

Bayangin teman-teman berapa manfaatnya kita saat sudah dikenal baik dan tidak hitung rugi bahkan bagi saya dan beliau yang mengajarkan saya saat itu tidak ada ruginya.

Karena itulah manfaat kita ketika kita menjadi baik dan saling membantu sesama kita di lingkungan sekitar.

Oke mungkin sampai sini saja dulu artikel ini semoga bermanfaat juga buat teman-teman yang ingin belajar bermanfaat bagi orang lain.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”



Terima kasih Sudah Berkunjung

Post a Comment for "Ingin Belajar Bermanfaat Bagi Orang Lain"