Pentingnya Internet di dunia Gamer dan eSport

Himang
July 23, 2022
0 Comments
Home
Info Umum
Lomba Blog
Pentingnya Internet di dunia Gamer dan eSport

Himang.my.id - hallo teman-teman kembali lagi ni dengan saya diblog himang.my.id, kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang  Pentingnya Internet di dunia Gamer dan eSport

Pentingnya Internet di dunia Gamer dan eSport

Internet tidak bisa di pungkiri lagi hampir semua kegiatan kita sehari-hari sangat bergantung dengan internet. Di dunia gamer & esport internet pastinya sangat dibutuhkan karena rata-rata game yang sekarang paling banyak di minati yakni game online.

Saya sebagai gamers beberapa bulan atau beberapa tahun lalu, karena beberapa faktor saya memutuskan untuk menjadi peminat game bisa saja. Karena sebelumnya saya bisa dibilang juga player kompetitif.

Yang pastinya di dalam dunia kompetitif ini harus mempunyai team yang mempuni makanya ada yang menampung para gamers ini di dalam nama team game online yang disebut team esport contoh nama nama team yang cukup besar di indonesia yakni RRQ, EVOS, RBR dan masih banyak nama team besar diluar sana.

Oke kembali ke pengalaman saya dalam competitif dari game competitif yang saya main yakni game Free Fire Indonesia, game battle royal simplenya game menembak dan bertahan sampe zona akhir yang menyusut menjadi kecil.

Dalam membentuk team saya mendapatkan cukup sulit player karena itu awal-awal esport bener-bener diresmikan sebagai game olahraga yang dalam dunia internet yang disebut game esport atau teman-teman bisa cek search engine google game esport adalah game olahraga eletronik.

Nah dalam beberapa game esport yang saya main salah satunya yakni Free Fire. Oke kembali ke bagaimana cara saya mencari player untuk membentuk sebuah team yang baru. Dengan adanya internet saya mendapatkan banyak sekali Manfaat Internet.

Dari Internet saya bisa mengakses dunia sosial media dan bisa melihat bagaimana besarnya dunia gamers secara online dan melihat seberapa besar dunia esport yang ada di Indonesia. Baik sebelum itu saya menggunakan internet yang pastinya Internetnya Indonesia, yakni IndiHome.

IndiHome sendiri adalah salah satu provaider internet rumah yang mempunyai koneksi atau konektifitas internet yang tidak terbatas karena tujuan jaringan internet dari IndiHome adalah bermanfaat tak terbatas.

IndiHome adalah produk dari Telkom Indonesia yang menyediakan akses internet yang berkecepatan cukup tinggi yakni bisa mencapai 100Mbps dan jaringan IndiHome menggunakan teknologi fiber optic.

Dengan terhubungnya saya di internet yang cukup maksimal saya bisa mencari player untuk membentuk team, sebelum itu saya mencari komunitas game saya yakni Free Fire, kebetulan salah satu team esport membuka academy game yang saya mainkan.


RBR ACADEMY
https://www.instagram.com/p/CLv-X5BrFgB/?hl=id


Academy yang saya ikuti atau yang saya dapatkan adalah RBR Academy dengan adanya ini saya tidak melewatkan kesempatan ini. Itupun saya mencoba-coba daftar dengan ketentuan yang di berikan. Singkat ceritanya saya keterima dalam kominitasnya dan kami di satukan dalam grup sosial media yakni Grup Line.

grup line rbr academy


Dan saya mengikuti seleksi penempatan team setelah melewati seleksi saya pun mendapatkan team dan telah tergabung dan bisa membawa nama besar team esport RBR Academy dalam dunia kompetitif di turnamen online.

Kenapa Online? Karena pada masa itu pas masanya pandemi dan fakor besarnya online karena anggoita team saya berjauhan semua dari Papua, Jawa, Manado, dan saya sendiri dari Kalimantan. Dengan itu kami pun mengikuti turnamen-turnamen online.

Nah disinilah banyak dan lika-liku kehidupan para gamers yang saya alamai sendiri yang pertama dalam hal latihan sebelum turnamen.

Saya dan team saya sudah sepakat latihan dan turnamen yakni hanya bisa malam hari, dan tidak bisa  juga terlalu tengah malam. Karena banyak faktor juga kenapa malam ya karena team saya dan saya masih sekolah dan ada yang kerja sampai sore hari dan kami pastinya butuh waktu istirahat.

Maka dari itu kami sepakat latihan dan mengikuti turnamen pada malam hari, dan masalah kedua yakni masalah yang cukup banyak dialami para gamers saat itu, yakni dalam hal jaringan saya sih aman saja.

Karna saya menggunakan jaringan internet wifi yakni IndiHome sedangkan teman-teman saya hanya mengandalkan kartu sim atau bisa di sebut paket data dan jaringan suka hilang. Dari situ semangat saya dari semangat-semangatnya menjadi perlahan-lahan pudar.

IndiHome


Kenapa bisa pudar ya,karna itu tadi jaringan karena saat kami mau latihan saya biasanya diskusi terlebih dahulu. Untuk latihan malam hari jam jam setelah teman-teman saya selesai sholat.

Dan rata-rata kami pasti selalu ada yang terlambat ikut dan tidak bisa ikut karena jaringan tadi, hari demi hari saya lalui saya pun menganti-ganti player dan selalu mendapatkan masalah hal yang sama.

Sebelum itu saya juga pernah menyarankan beberapa teman team saya ini untuk jaringan wifi yang cukup terjangkau yakni wifi IndiHome. Tapi mau bilang apa lagi mereka bilang tidak bisa. Dikarenakan beberapa atau bisa disebut team saya cukup susah dalam hal ekonomi dikeluarga.

Dan saya pun tidak bisa memaksa dalam hal itu karean saya itu dunia esport juga baru, saya juga sempat bilang "pernah kah kalian bilang ke orang tua tepatnya bapak dan mama kalian?" Bahwasanya kalian ingin menjadi gamers dalam sebuah team esport.

Ternyata ya begitu kebanyakan orang tua tidak mau karena mereka saat itu menganggap game itu ya hanya game tidak bisa dijadikan profesi atau atlet. Seperti pemain bola dan sebagainya.

Dari situ team saya pun perlahan bubar dan menjadi peribadi awal yakni hanya menjadi player game yang biasa saja dan tidak terlalu masuk dunia kompetitif.

Dari pengalaman saya diatas saya belajar dan merenung ternyata internet itu SANGAT PENTING
dalam dunia gamer dan dunia esport. Kenapa begitu karena digame jaringan itu yang pastinya nomer 1.






Contoh kasus besar bahwasanya jaringan sangat dibutuhkan yakni game MOBA di SEA GAMES Vietnam dalam kategori game Mobile Legend baru-baru ini sangat viral di dunia sosial media di karenakan salah satu team esport Filipina yang selalu memnta game pause.

Atau menghentikan game sementara untuk menunggu jaringan yang stabil. Karena alasan dari salah satu dari team mereka yakni jaringannya sangat tinggi pingnya. apa itu ping?

Ping dalam game adalah suatu tanda atau status jaringan dari game apakah layak untuk main apa tidak atau bisa disebut sebagai indikator jaringan stabil apa tidak. 

Biasanya dari ping 1 - 30 ms misalnya semakin kecil jaringan misalnya ping 1-9 ms dalam dunia game MOBA Mobile Legend itu bisa dikategorikan jaringan stabil atau aman.

Dalam dunia game esport dunia besarnya kompetitif pastinya membutuhkan jaringan yang sangat stabil. Tapi untuk pelayer yang bisa saja jaringan 30-60 ms keatas masih aman karena masuk kategori hijau atau jaringan cukup stabil. Sedangkan jaringan untuk para proplayer team esport harus 1-9ms.

Nah dari semua diatas teman-teman pasti tau seberapa penting jaringan internet di dunia gamer saat ini pastinya sangat perlu. Selain dari main game biasa sampai mau kompetitif dan untuk bermain dengan performa yang baik. Jaringan internetlah yang paling dibutuhkan oleh para gamers.


Dari situlah hadirnya Telkom Indonesia dengan jaringan Internetnya Indonesia yakni yang bernama IndiHome, dari situ IndiHome memiliki misi yakni menjadi Manfaat Internet.

Dengan adanya Manfaat Tak Terbatas Internet Indonesia, IndiHome sangat berambisi untuk mencapai Internet Aktivitas Tanpa Batas.

IndiHome juga sudah tersedia di seluruh pelosok negeri dengan  memberikan Akses Internet, jaringan Telpon dan juga hiburan dengan layanan  UseeTV.

indihome internet, telpon, useetv
https://indihome.co.id/



Untuk semua layanannya tidak perlu di ragukan lagi karena saya pernah mencobanya semuanya terjamin aman dan stabil.

Untuk teman teman yang ingin melihat dan mengulik lebih dalam apa saja IndiHome bisa Mengunjungi link berikut : 

IndiHome



Oke kita mencapai dari akhir artikel pengalam saya dan dari dunia gamers dari perspektif saya yakni rangkuman singkat dari cerita saya diatas adalah sebagai gamers saya sangat membutuhkan sekali yang namanya jaringan internet.

Karena dengan adanya internet dan internetnya stabil saya pastinya hanya akan memikirkan cara bermain game untuk menang melawan musuh saya dalam game.

Dan pentingnya konektifitas internet bagi team esport adalah sebuah prioritas untuk mereka juga menang dalam kompetisi game yang mereka mainkan.

Oleh karena itu hadirlah IndiHome untuk menjadi atau untuk melengkapi kebutuhan jaringan kepada para gamers dan team esport. Agar bisa mengakses jaringan internet yang tak terbatas.


Yah mungkin sampai disini saja dulu artikel saya kali ini mohon maaf jika ada salah penulisan diatas maklum saja karena saya juga belajar ngblog baru-baru saja karena ingin berbagi pengalaman buat teman-teman dan diri saya, jika ada kesalahan dalam penulisan brand di atas sekali lagi saya meminta maaf. Sekian....



Reff  & Gambar : 
- Instagram
- Line Apss
- https://indihome.co.id/
- https://www.hitekno.com/games/2022/05/19/215641/jadwal-grand-final-sea-games-mobile-legends-indonesia-vs-filipina-lengkap-dengan-recap
-https://media.hitekno.com/thumbs/2022/05/14/47808-timnas-mobile-legends-untuk-sea-games-2021-instagrampbesi-official/730x480-img-47808-timnas-mobile-legends-untuk-sea-games-2021-instagrampbesi-official.jpg


Terima kasih Sudah Berkunjung

Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.