TENTANG PROGRAM PMM 2022

Himang
February 17, 2023
0 Comments
Home
Info Kuliah
PMM
TENTANG PROGRAM PMM 2022
Hallo teman-teman selamat datang di blog saya di himang.my.id kali ini blog kali ini akan membagikan sedikit info dari panduan pmm 2022 yakni tentang program pmm 2022. 

TENTANG PROGRAM PMM 2022

PENGERTIAN UMUM PROGRAM PMM 2022

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-2 yang diselenggarakan pada Tahun 2022 (PMM 2) merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester dari satu pulau ke pulau lainnya.

Guna memberikan pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam Modul Nusantara, mata kuliah, dan berbagai aktivitas terkait yang dapat memperoleh pengakuan kredit hingga 20 sks. PMM 2 dikelola oleh Tim Program PMM 2 Kemendikbudristek (Tim Program PMM 2).


TUJUAN PROGRAM PMM 2022

PMM 2 memiliki dua tujuan, yaitu akademik dan non-akademik, sebagai berikut:

Tujuan terhadap Mahasiswa

  • Meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya.
  • Mengembangkan kepemimpinan dan softskills yang adaptif terhadap beragam latar belakang sehingga meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme.
  • Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di Perguruan Tinggi (PT) Penerima, serta mendapat pengakuan kredit.
  • Memperkuat, menambah, dan memperkaya kompetensi mahasiswa.

Tujuan terhadap Perguruan Tinggi

  • Meningkatkan kemampuan PT dalam menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dan mengelola program pertukaran mahasiswa.
  • Memberikan gagasan internalisasi atau pengembangan tata kelola program pada PT Penerima dan Pengirim.

RUANG LINGKUP PROGRAM PMM 2022

Guna mencapai tujuan tersebut, PMM 2 menyediakan kesempatan bagi para mahasiswa program Sarjana (S1) untuk belajar selama satu semester di PT Penerima pada semester gasal 2022/2023. 

Lokasi PT Penerima berada di pulau yang berbeda dengan domisili PT Pengirim dan domisili asal mahasiswa. PMM 2 memberikan opsi perkuliahan hingga maksimum 20 sks, yang mencakup kegiatan wajib berupa Modul Nusantara dan mata kuliah yang ditawarkan PT Penerima.

Apabila diperlukan, sebagai bagian dari 20 sks dalam PMM 2 tersebut, mahasiswa yang memenuhi ketentuan masih diberikan kesempatan untuk mengambil hingga maksimum 6 sks di PT Pengirim secara daring. 

PT Pengirim akan menjalankan prosedur pengakuan kredit sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor74/P/2O21

MKModul Nusantara
(Wajib)
MK lain
di PT Penerima
MK lain di PT Pengirim
(Berani)
jumlah
(Maksimum)
sks410 s.d 160 s.d 620
*MK= Mata Kuliah

Modul Nusantara bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air. Modul ini meliputi empat jenis kegiatan, yaitu kegiatan kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

PMM 2 dilakukan secara luring di PT Penerima (menyesuaikan dengan perkembangan kondisi dan/atau protokol kesehatan COVID-19).

Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.