Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Himang
February 17, 2023
0 Comments
Home
Info Kuliah
PMM
Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek untuk meningkatkan kebhinekaan dan pengembangan diri mahasiswa. 

Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan berinteraksi dengan mahasiswa dari PT yang berbeda, memperluas dan memperdalam pengetahuan akademik, serta memperoleh pengalaman baru terkait nilai-nilai keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa.

Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Ada beberapa manfaat Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yakni untuk mahasiswa dan perguruan tinggi penerima dibawah ini akan saya uraikan Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk Mahasiswa :

  1. Mendapat pengalaman baru terkait nilai-nilai keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa.
  2. Mendapat kesempatan untuk merefleksikan nilai kebangsaan dan kebhinekaan yang dialami menjadi bagian dari sudut pandang dalam memahami kondisi riil yang mahasiswa temui sehari-hari.
  3. Memperkuat kemampuan untuk membangun persatuan dalam keberagaman.
  4. Dapat berjumpa dan berinteraksi dengan mahasiswa dari PT yang berbeda.
  5. Dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kepercayaan diri, dan kepekaan sosial.
  6. Mendapat kesempatan mengambil pilihan mata kuliah di luar prodi sesuai dengan pilihan mahasiswa.
  7. Memperluas dan/atau memperdalam pengetahuan akademik.
  8. Memperoleh nilai hasil pengakuan kredit mata kuliah dari PT Pengirim.
  9. Mendapatkan e-sertifikat PMM 2 dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek.
  10. Bantuan berbagai pembiayaan, seperti:
    a. Biaya potongan UKT yang diberikan langsung kepada PT Pengirim.
    b. Biaya transportasi berupa tiket pesawat keberangkatan dan kepulangan (at cost).
    c. Dana kedatangan (Settlement Allowance atau SA) mahasiswa (lump sum).
    d. Bantuan biaya test COVID-19 (swab antigen) untuk keberangkatan sebelum berangkat ke PT Penerima yang sesuai dengan peraturan perjalanan yang berlaku (at cost).
    e. Biaya hidup dan akomodasi (Living Allowance atau LA) selama kegiatan efektif dalam satu semester (maksimal 4,5 bulan).

Catatan:

  • Bagi mahasiswa penerima beasiswa Kemendikbudristek (Bidikmisi, Afirmasi, Beasiswa Unggulan, KIP-K), maka akan dilakukan penyesuaian nilai bantuan.
  • Tidak diperbolehkan terjadi pendanaan ganda (double funding) pada komponen-komponen pembiayaan.

  1. Biaya Asuransi Kesehatan (BPJS Kesehatan atau KIS) selama kegiatan efektif dalam satu semester (maksimal 5 bulan).

Catatan:

  • Apabila BPJS mahasiswa masuk ke dalam pembayaran non-mandiri (misalnya sebagai anak PNS atau terbayar oleh beasiswa), BPJS yang sudah dibayarkan oleh dana pemerintah atau mahasiswa menggunakan asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan atau KIS, maka mahasiswa tidak akan mendapatkan bantuan ini.

Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk Perguruan Tinggi Penerima :

  1. Keikutsertaan Perguruan Tinggi (PT) dalam program ini akan mendorong dalam peningkatan pencapaian Indikator Kinerja Umum (IKU) PT.
  2. Terbentuknya kerja sama luas antara PT Penerima dan PT Pengirim.
  3. PT yang berpartisipasi akan mendapatkan pengalaman positif dan gagasan internalisasi atau pengembangan tata kelola program.
  4. Dosen yang terlibat dalam program ini, yakni Dosen Mata Kuliah dan Dosen Pembimbing Modul Nusantara, berkesempatan untuk menyebarkan ilmu, pengalaman dan pandangannya secara luas di lingkup nasional.
  5. Dosen Pembimbing Modul Nusantara akan mendapat e-sertifikat atas keikutsertaan dalam PMM 2 dari Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI.
  6. PT Penerima akan mendapatkan bantuan biaya berupa tuition fee/SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) pelaksanaan program PMM yang mencakup biaya implementasi Modul Nusantara, biaya penunjang PT, dan Honorarium Tim Pengelola PT Penerima.
  7. Tim Pengelola PMM 2 di PT Penerima yang selanjutnya dapat disebut dengan Tim Pengelola PT Penerima. Tim ini terdiri dari Koordinator PT Penerima, Pengelola Keuangan, serta Liaison Officer (LO). Tim akan menerima insentif bulanan, selama maksimum empat bulan. Insentif ini akan dibayarkan oleh PT Penerima kepada Tim jika laporan bulanan telah dilengkapi secara tepat waktu.
  8. Dosen Pembimbing Modul Nusantara yang bertugas menyusun dan melaksanakan Modul Nusantara akan mendapatkan insentif bulanan, selama maksimum empat bulan. Insentif ini akan dibayarkan jika laporan bulanan telah dilengkapi secara tepat waktu.


Blog authors

Himang
Himang
Hanya Penulis Biasa! Blogger

No comments

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan tampil lama karena akan dihapus sesegera mungkin. Oleh Admin Kami.