Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penjelasan Tentang S.E.O Blogger & Cara Kerjanya

https://www.himang.my.id/ - Apa itu S. E. O ?
Teman-teman yang baru saja memulai membuat blog atau website pasti akan mempertanyakan hal ini. Karena untuk mendapatkan ranking tinggi dalam pencarian google.

Teman-teman harus menerapkan sejumlah langkah terkait cara optimasi SEO. Untuk itu, penjelasan tentang SEO Blogger lengkap cara kerjanya perlu teman-teman ketahui.

Saat ini, memang sistem marketing online sedang banyak diminati oleh para pelaku usaha. Seraya berkembangnya jaman, pengetahuan akan bisnis online perlu ditingkatkan. 

SEO adalah salah satu yang menjadi faktor penting dalam kelangsungan usaha online teman-teman. Khususnya bagi pemula, penting untuk memiliki panduan SEO yang terpercaya dan mudah dipahami.

Misalnya mungkin ada pertanyaan lain yang timbul seperti bagaimana cara menggunakan teknik SEO? Manfaatnya apa saja? Apa saja kesalahan yang perlu dihindari? Akibat jika tidak menggunakan SEO?

Tips dan triknya? dan masih banyak lagi. teman-teman ingin tahu jawabannya. Pada rangkaian berikut ini saya dan teman-teman akan cari tahu informasinya secara lengkap.

Gambar Penjelasan Tentang S.E.O Blogger & Cara Kerjanya
Pengertian S.E.O
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. teman-teman akan mulai mengenalnya ketika mulai masuk dalam dunia blog atau online. 

Menurut definisinya SEO merupakan teknik dalam upaya memaksimalkan nilai pada halaman website. Tujuannya untuk meningkatkan rangking dan visitor atau pengunjung dari hasil pencarian google.

SEO umumnya berproses dengan sistematis meliputi analisa, implementasi dan report. Apa maksudnya? Ini berarti dengan melakukan teknik SEO.

Maka akan masuk dalam kategori yakni Blackchat SEO, Whitehat SEO dan Greyhat SEO. Nah, di setiap teknik mempunyai kelebihan dan kelemahan.

Misalnya Blackchat SEO melakukan tindakan berbahaya untuk mempercepat peringkat website di search engine.

Whitehat SEO adalah tindakan yang sifatnya relevan dan natural untuk meningkatkan peringkat web. 
Sedangkan Greyhat SEO sendiri menggabungkan kedua teknik sebelumnya untuk upaya memperoleh peringkat tinggi.

Dengan kata lain, SEO adalah suatu teknik atau upaya untuk mengoptimasi website yang disesuaikan dengan aturan – aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari Google.

Manfaat S. E. O
SEO dilakukan untuk memperoleh manfaat yang bagus bagi blog atau website teman-teman. Secara spesifik, manfaat dari SEO sudah bisa teman-teman lihat ketika membaca pengertiannya bukan? Sebenarnya, manfaat yang bisa kita peroleh dari SEO tergantung dari tujuan kita sebelumnya membuat sebuah situs.

Misalnya kalau website teman-teman adalah web affiliate, jika menerapkan teknik SEO maka tentu saja akan meningkatkan penjualan produk affiliate. 

Jika halaman website teman-teman untuk berjualan online yang dipadukan dengan cara kerja SEO maka ini akan meningkatkan jumlah pengunjung, penjualan dan konsumen di toko online teman-teman.

Nah, sebagai berikut adalah poin poin kelebihan yang mungkin bisa teman-teman dapatkan ketika menerapkan teknik SEO :
  • Meningkatkan pendapatan teman-teman sebagai seorang publisher secara tidak langsung
  • Bisnis online melalui website akan mengalami perkembangan
  • Website bisa menjadi ramai dengan visitor/pengunjung oleh kata kunci
  • Pelanggan terus berkunjung ke website
  • Meningkatkan Cache penelusuran di mesin pencari sehingga menjadi yang utama
  • Adanya hubungan timbal balik dalam website affiliate produk
Kerjanya S. E. O
Cara kerja SEO pasti melalui beberapa proses-proses dan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Crawling
Apa itu Crawling? Crawling ini adalah nama lain dari metode perayapan. Ini merupakan proses dimana akan terjadi pengambilan semua halaman web yang telah terhubung pada website tersebut. 

Tugas ini sendiri dilakukan oleh software atau perangkat lunak yang dikenal dengan sebutan crawler atau spider atau Googlebot dalam search engine.

2. Indexing
Umumnya Indexing dilakukan setelah proses Crawling. Indexing sendiri adalah proses pembuatan indeks dalam semua halaman yang sudah diambil dan disimpan pada database search engine.

Indexing secara garis besar memiliki tugas seputar identifikasi tulisan dan kata –kata yang akan membuatnya nanti bisa masuk dalam database mesin pencari melalui kata kunci tertentu.

3. Processing
Selanjutnya ada proses yang namanya “Processing”. Hal ini terjadi ketika di search engine menerima berupa request dari user. 

Sebagai contoh adalah kata kunci “pengertian SEO” maka, pada mesin cari tersebut akan melakukan sejumlah proses yakni membandingkan kata kunci “pengertian SEO” ke request pencarian dengan halaman tersedia lainnya dari berbagai situs web yang terindex di database.

4. Calculating Relevancy
Nah, untuk proses yang satu ini berfungsi dalam hal kata kunci pada konten. Kondisi nya seperti ini, dalam sebuah web pasti mempunyai lebih dari satu kata kunci yang diinput dalam mesin pencari bukan? Maka pada proses ini search engine akan mencoba untuk menghitung relevansi dari setiap halamannya yang terindex untuk masing –masing kata kunci yang diterima.

5. Retrieving Result
Langkah terakhir dalam cara kerja SEO adalah mengambil hasil yang relevan dengan kata kunci yang diproses sebelumnya disebut dengan Retrieving Result. Selanjutnya daftar hasil pencarian akan muncul pada mesin pencarian di browser teman-teman.

Nah, sedangkan untuk metode cara kerja SEO secara teknis di bagi menjadi 2 yaitu sebagai beriut :

SEO OnPage
Dari namanya yakni SEO OnPage maka kita sudah tahu ini berkaitan dengan segala hal yang bisa dilakukan dalam sebuah blog. 

Tentu saja mencangkup semua aspek teknis dalam sebuah website. Memiliki peran penting dalam meningkatkan rangking web pada search engine.

OnPage SEO akan memudahkan mesin pencari menemukan mana konten yang relevant dan berkualitas di browser dengan keyword tertentu. Oleh sebab itu OnPage SEO yang baik memang harus mengikuti adanya algoritma pada search engine.

Beberapa faktor yang mempengaruhi OnPage SEO adalah konten dari halaman website tersebut harus benar –benar menyuguhkan informasi yang dicari, bukan hanya dari banyaknya kata kunci yang dimasukkan. 

Lalu, terdapat Title tag yang baik, struktur URL yang benar, dapat diakses oleh Crawler/Bot, kecepatan website yang mumpuni, image all text, xml sitemap, meta tag dan lain –lain

SEO Off  Page
Berbeda dengan SEO OnPage, Off page SEO ini merupakan sekumpulan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan diluar dari website tersebut. 

Hal ini bisa mempengaruhi rangking pada SERP atau Search Engine Result Pages. Mengoptimasi Off Page SEO dapat melibatkan beberapa cara.

Beberapa diantara cara tersebut adalah dengan menggunakan Backlink terpercaya dan berkualitas. Umumnya semakin tinggi popularitas dari website maka akan memberikan backlink ke sebuah website sehingga signal yang diberikan google akan semakin kuat.

Untuk memahaminya di umpamakan seperti ini. Sebuah situs mendapatkan backlink dari sebuah website terkenal layaknya CNN. Nah, dari sinilah google akan melihat bahwa website tersebut mempunyai karakteristik konten yang baik sehingga website populer seperti CNN ini mau memberikan backlink ke website itu.

Faktor lainnya yang ikut mempengaruhi SEO Off page adalah dari guest blogging, branded keyword, social media marketing, nofollow link yang benar, pemberian anchor text yang baik, domain authority dan lain sebagainya yang tidak boleh teman-teman lewatkan jika melakukan teknik SEO Off page.

Inilah informasi lengkap mulai dari definisi hingga penerapannya untuk teman-teman. Baik yang baru memulai ataupun yang sudah mahir. 

Sebab berbagai tips dan trik lainnya perlu teman-teman perhatikan dan lakukan demi kelangsungan blog atau website teman-teman yang sukses. Ada banyak informasi terkait SEO dan Blogger, silahkan untuk lengkapi pengetahuan teman-teman lebih dalam lagi.

Sekian dulu "Penjelasan Tentang S.E.O Blogger & Cara Kerjanya" di blog https://www.himang.my.id/  semoga bermanfaat.

Terima kasih Sudah Berkunjung

Post a Comment for "Penjelasan Tentang S.E.O Blogger & Cara Kerjanya"